Bocoran Toyota Yaris Cross Hybrid yang Meluncur Siang Ini

 

Toyota RAV4 GR Sport PHEV sempat dipamerkan di IIMS 2023, punya desain mirip Yaris Cross buatan Indonesia. (Toyota)

JAKARTA, AVOLTA – Toyota Indonesia memastikan bakal meluncurkan model baru di Jakarta, hari ini, Senin (15/5/2023). Model baru ini juga akan berstatus premire dunia, mengisi ceruk pasar SUV di segmen B.

“World Premier of Toyota’s New Urban Cruiser Icon,” tulis undangan Toyota yang masuk ke meja redaksi Avolta, belum lama ini.

Dari informasi yang berhasil diperoleh Avolta dari sumber terpercaya, produk baru ini bakal punya nama Yaris Cross Hybrid. Tapi, Yaris Cross hybrid ini berbeda dengan yang sudah diproduksi di Jepang dan dipasarkan sejak Agustus 2020.

Yaris Cross hybrid buatan Jepang menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA), sedangkan produksi Indonesia bakal punya platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Menariknya, meski berstatus DNGA, tapi model ini khusus diproduksi hanya oleh Toyota, sehingga dipastikan Daihatsu tidak akan melakukan rebadge seperti model “kembar” selama ini. Misalnya, Rush-Terios atau Avanza-Xenia.

Dengan status world premiere, peluncuran model baru ini bakal minim informasi. Paling cuma disebutkan namanya saja wujudnya seperti apa. Soal spesifikasi dan detail lain bakal ditutup rapat-rapat oleh Toyota.

Toyota Corolla Cross. (Toyota)

Rumors menyebutkan Yaris Cross DNGA bakal diproduksi PT Toyota Manufacturing Indonesia (TMMIN) dengan status basis produksi. Artinya, Indonesia bakal siap ekspor model ini ke mancanegara, minimal ASEAN dan Amerika Selatan.

Mesin yang digunakan sama seperti Sienta 1NZ-FXE dipadukan dengan teknologi hybrid system generasi ke IV. Menariknya, Yaris Cross ini bakal menggunakan baterai lithium ion, sehingga salah satu keunggulannya adalah konsumsi BBM yang jauh di atas rata-rata segmen sekelas.

Sekilas desainnya bakal mirip dengan RAV4 GR PHEV yang sudah diperkenalkan di IIMS 2023, awal tahun lalu. Desain belakangnya mirip dengan Corolla Cross yang sudah ada di pasar. Tapi, tentu saja karena mengisi segmen B, dimensinya jauh lebih ringkas.

CATEGORIES

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )