Hapus Calo, Polisi Pakai Teknologi Scan Wajah Saat Bikin SIM

Ilustrasi scan wajah saat uji SIM (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri terus melakukan inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya yang sedang dikembangkan dan segera diterapkan, yaitu penggunaan teknologi face recognition alias scan wajah ketika membuat surat izin mengemudi (SIM).

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus menjelaskan, teknologi ini akan diterapkan kepada pemohon SIM, dan akan masuk dalam uji teori, sehingga ketika bukan wajah pemohon maka tidak bisa lolos.

“Jadi kalau nanti pakai calo sudah dipastikan tidak akan bisa membuat SIM. Akan lebih ketat lagi, dan ini salah satu cara untuk memberantas praktik calo SIM,” ujar Yusri Yunus kepada Avolta belum lama ini.

Yusri menjelaskan, pengaplikasian teknologi scan wajah ini akan diterapkan di satpas-satpas prototipe. Target dia bakal diterapkan secepat mungkin agar bisa mengurangi praktik calo SIM yang sejauh ini sangat meresahkan masyarakat.

“Jadi anggarannya sudah ada dan akan kami buat Satpas prototipe dengan teknologi lengkap. Segera kami terapkan,” tutur Yusri.

Bukan cuma itu saja, Yusri juga menegaskan nantinya oknum-oknum petugas di satpas tak bisa lagi nakal, karena semuanya akan terpantau oleh Korlantas Polri. Selama ini pembuatan SIM masih terdisentralisasi, sehingga banyak anggota-anggota di lapangan yang melakukan praktik curang.

“Saya menargetkan sentralisasi SIM ini dapat terlaksana tahun ini. Besok sudah tidak ada. Semua diatur oleh Korlantas, kalau kamu tahu kamu tidak lulus, tidak akan terklik,” kata Yusri.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )