Tesla Rebut Gelar Raja Mobil Listrik Dunia dari BYD

JAKARTA, AVOLTA – Tesla kembali merebut gelar raja mobil listrik dunia, dari pesaing terberatnya BYD. Pabrikan asal Amerika Serikat ini, kembali mencatatkan penjualan terbesar, setidaknya hingga kuartal pertama 2024.

Disitat dari Automotivenews, sukses Tesla kembali merebut predikat raja mobil listrik dunia pada tiga bulan pertama tahun ini, tak lepas dari performa penjualan BYD yang menukik tajam. Bahkan, sepanjang Januari hingga Maret 2024, penjualan pabrikan asal Cina ini turun hingga 43%.

Total penjualan mobil listrik BYD sampai akhir Maret lalu tercatat sebanyak 300.114 unit. Sebagai pembanding, pada triwulan terakhir tahun 2023, BYD sukses menjual 526.409 unit mobil listrik. Meski begitu, penjualan mobil listrik BYD Januari-Maret 2024 masih lebih tinggi 13% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Sedangkan penjualan Tesla, dari Januari hingga Maret 2024, adalah sebesar 386.810 unit. Jumlah tersebut memang tiurun 20% dibanding kuartal akhir 2023, dan terkoreksi 8,5% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Penurunan penjualan untuk Tesla dan BYD ini, disebabkan oleh berkurangnya permintaan terhadap mobil listrik di Cina dan beberapa negara Eropa. Tren ini, berbanding terbalik dengan penjualan bensi dan hybrid yang justru meningkat tajam.

Sementara itu, demi tetap menjaga pangsa pasar mobil listrik BYD, diterapkan strategi pemangkasan harga. Bahkan, hingga saat ini perang banderol masih terjadi di pasar domestik, di mana Tesla juga mengikuti langkah tersebut guna tetap bisa bersaing di segmen kendaraan listrik.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )