Kupas Spesifikasi Dua Mobil Listrik Imut Asal Cina

Chery EQ1

JAKARTA, AVOLTA – Produsen otomotif asal Cina, yaitu Wuling Motors dan Chery sama-sama memamerkan mobil listrik imut di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Wuling menampilkan mobil listrik berdesain ringkat dengan platform Bernama Global Small Electric Vehicle (GSEV), yaitu Mini EC, E100. Sementara Chery memamerkan EQ1 yang sama-sama memiliki bentuk unik.

Bicara mengenai spesifikasi, mobil listrik Wuling yang imut itu diklaim bisa berjalan dalam kondisi baterai penuh sampai kosong, sejauh 120 sampai 300 km.

Secara dimensi, memiliki Panjang 2.917 mm, lebar 1.493 mm, dan tinggi 1.621 mm, serta jarak sumbu roda 1.940 mm. Mobil listrik ini diklaim paling laris di Cina, dengan penjualan mencapai 650.000 unit, dan punya harga jual terjangkau, hanya Rp 60 jutaan sampai Rp 120 jutaan.

Menariknya lagi, Wuling akan menjual dan memproduksi mobil listrik tersebut di Indonesia. Menurut informasi, prosesnya bakal dilakukan pada pertengahan sampai menjelang akhir 2022 mendatang.

Baojun Kiwi, mobil listrik Cina yang dipamerkan di GIIAS 2019 oleh Wuling Motors. (GMauthority)

Selanjutnya, Chery EQ1 yang juga merupakan mobil listrik mungil dari pabrikan asal Cina. Tampilannya unik dan juga ringkas, dan dibekali motor listrik 55 kW dengan  kemampuan waktu akselerasi 1-150 km per jam di bawah lima detik dan kecepatan maksimum 120 km per jam.

Kontruksi rangkanya diklaim Chery terbuat dari alumunium, dan dibekali dengan teknologi mutakhir, yang terdiri dari tiga komponen listrik canggih, seperti baterai, motor, dan e-management system, yang dilengkapi dengan konfigurasi keselamatan aktif dan pasif.

Bedanya, mobil listrik ini belum mau dijual di Indonesia. Sebab, pihak Chery belum berani merilis informasi kapan mobil ini akan diniagakan di pasar otomotif dalam negeri.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )