Enggak Boleh Rebadge Yaris Cross, Daihatsu Terios Bersolek

Daihatsu New Terios R ADS meluncur dari Ancol, Jakarta Utara. (ADM)

JAKARTA, AVOLTA – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi meluncurkan New Terios yang kini punya tampilan dan fitur baru dibandingkan model sebelumnya. Ubahan ini tentunya menjadikan harga LSUV tersebut naik.

Berdasarkan pantauan redaksi Avolta dari situs resmi Daihatsu, Terios model sebelumnya dijual mulai Rp 233,5 juta hingga Rp 288,6 juta. Banderol Terios terbaru, yaitu dari Rp 236 juta sampai Rp 303,2 juta.

Artinya mengalami kenaikan Rp 2,5 juta untuk varian paling murah, dan meningkat Rp 14 jutaan pada tipe termahal.

Menyoal ubahan, New Terios ini hadir dengan tiga penyegaran utama, yakni pada sisi eksterior, interior, serta fitur keamanan dan keselamatan. Bagian luar ubahannya tidak hanya sebatas kosmetik, tapi berubah jelas di bagian lampu, grille, bumper depan, pelek, dan lainnya.

Selanjutnya bagian interior mengalami banyak ubahan. Nuansa kabin kini lebih elegan dan sporty dengan didominasi warna hitam dan aksen merah pada sejumlah bagian. Joknya sudah dilapisi dengan kombinasi kulit.

Eksekutif ADM saat peluncuran Daihatsu New Terios. (AVOLTA)

“Dengan beragam fitur baru terkini, New Terios dapat menjadi mobil SUV pilihan yang cocok bagi mereka yang aktif dan berkarakter, yang ingin lebih mengaktualisasikan dirinya sesuai dengan tema Reflaction of You, sekaligus memberikan pengalaman berkendara seru serasa berpetualang,” ujar Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT ADM di Jakarta Utara, Kamis (8/6/2023).

Selain itu, fitur di kabin juga semakin komplet dengan adanya wireless charger, fitur yang biasanya ada di mobil mewah. Lalu, head unit dibekali dengan layar berukuran 7 inci dan sudah memiliki konektivitas dengan smartphone, baik Android Auto maupun Apple CarPlay.

Mengenai fitur keamanan dan keselamatan, Terios terbaru sudah dibekali dengan 6 SRS Airbag, mulai sisi depan dan samping. Daihatsu juga membekalinya dengan fitur around view monitor dengan kamera 360.

Daihatsu New Terios varian R Custom. (ADM)

Terakhir soal jantung pacu, New Terios masih mengandalkan mesin yang lama dengan kode 2NR-FE. Mesinnya berkapasitas 1.500 cc, non turbo, DOHC, 16 katup, VVT-i. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga hingga 109 Tk dan torsi 136 Nm.

Menariknya, strategi penyegaran yang dilakukan ADM pada Terios kali ini tak melibatkan Toyota lagi. Padahal, Toyota masih menjual Rush yang biasanya kalau salah satu melakukan penyegaran, model lain melakukan hal sama. Langkah independen ADM melakukan penyegaran Terios kabarnya dilakukan karena Toyota tidak mengizinkan Daihatsu melakukan rebadge pada model baru Yaris Cross, yang menggunakan platform DNGA-punya Daihatsu.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )