Citroen Balik ke Indonesia, Bawa C3 Pesaing Raize

Citroen C3 yang sudah diluncurkan di India pada Juli 2022.(ist)

JAKARTA, AVOLTA – Citroen pertama masuk Indonesia, pada era 1970-an di bawah bendera PT Alun. Ketika itu menjual model Dynne, sedan seri GS, FAF (5 pintu), dan sedan seri CX. Sejak awal penerimaannya cukup bagus, namun selang beberapa waktu tidak sanggup bersaing dengan Toyota dan Honda.

Alhasil, jenama asal Perancis itu hengkang dari Indonesia pada awal 1990-an dan model terakhir yang dijual, yaitu Citroen BX (1986-1994).

Mobil jadul, Citroen BX edisi 1986, pernah dijual di Indonesia. (IST)

Kini, Citroen akan kembali mengadu nasib di pasar otomotif nasional di bawah bendera PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (Indomobil Group), yang tentunya persaingannya semakin kompetitif. Selain merek-merek raksasa dari Jepang, Citroen sekarang harus bersaing dengan dengan produsen asal China dan Korea Selatan.

Membawa nama yang cukup populer di masanya, rupanya Citroen tak gentar dan dikabarkan akan membawa model C3 untuk bersaing langsung dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Perlu diketahui, bahwa Citroen C3 sudah diluncurkan di India pada Juli 2022. Model tersebut di pasar domestik India dijual dengan harga yang terjangkau, yaitu Rp 100 jutaan.

Secara spesifikasi, mobil bergaya SUV compact ini tersedia dua pilihan mesin, yakni 1.200 cc turbo dan 1.200 cc naturally aspirated (NA) tiga silinder. Keduanya merupakan model dari keluarga C-Cubed pertama yang diproduksi di Thiruvallur, Tamil Nadu, India.

Apabila merujuk pada data di atas, maka Citroen akan membawa C3 dari India, apalagi adanya ikatan ASEAN-India Free Trade Area (AIFTA) yang menjadikan impor kendaraan secara utuh menjadi lebih murah.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )