Indonesia Bakal Jadi Produsen Baterai Terbesar di Dunia

Baterai buatan LG yang digunakan di sebuah mobil – dok.Istimewa via Breaking The News

JAKARTA, AVOLTA – Target besar Indonesia untuk menjadi salah satu pemain kendaraan listrik besar secara global terus digaungkan pemerintah. Bahkan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan memprediksi Indonesia berpeluang menjadi salah satu produsen baterai mobil listrik terbesar di dunia pada 2027.

Hal tersebut, disampaikan Luhut ketika Rapat Kerja Kemenko Marves dengan Badan Anggran DPR RI, beberapa waktu lalu.

“Kita (Indonesia) 2027 akan jadi produsen lithium baterai. Kalau tidak nomor 1 ya nomor 2,” tegas Luhut.

Lanjut Luhut, optimistis tersebut salah satu faktornya adalah beberapa produsen baterai lithium-ion terbesar di dunia, akan melakukan investasi dan membangun fasilitas produksi di Indonesia.

“Kita punya semua pak, ada CATL, LG, Insya Allah ada Tesla. Ada siapa lagi, pemain besar itu. Semua ada di kita,” terangnya.

Dengan banyaknya produsen baterai besar masuk ke Indonesia, tentunya akan berdampak terhadap meningkatnya perekonomian di Tanah Air. Sementara itu, besaran investasi yang sudah ditanamkan CATL di Indonesia, adalah Rp86 triliun. Sedangkan untuk LG telah menanamkan investasi sebesar Rp142 triliun.

“Kalau kita sampai ada lithium baterai pada 2024, saya yakin ekspor kita tahun lalu US$232 miliar itu mudah kita dapat dekat US$400 miliar. Artinya, ekonomi kita sangat baik,” pungkas Luhut.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )