Mobil Listrik Hasil Kolabs BYD dan Toyota Bocor di Internet

Gambar paten sedan listrik BYD dan Toyota (Carnewschina)

BEIJING, AVOLTA – Pabrikan mobil listrik asal Cina, BYD tengah berkerja sama dengan raksasa otomotif asal Jepang, Toyota untuk mengembangkan sedan listrik. Model tersebut, tentu saja akan dijual menggunakan merek BYD dan Toyota, dengan beberapa perubahan desain kecil.

Disitat Carnewschina, gambar paten yang menunjukan sedan listrik BYD dan Toyota ini tersebar di dunia maya. Memang tidak bisa mewakili versi produksi massal, namun masih bisa dilihat sedikit fitur desainnya.

Kolabs BYD dan Toyota ini, dimulai pada 2020 ketika dua perusahaan ini menciptakan usaha patungan yang disebut BYD Toyota EV Technology. Masing-masing merek memegang saham 50% dengan modal sekitar US$51,5 juta, dan berhasil mengembangkan kendaraan listrik dan suku cadang untuk kedua merek.

Pada 2021, Toyota meluncurkan mobil konsep yang dikembangkan bersama dengan BYD. Diberi nama bZ SDN (yang artinya sedan). Sedangkan Toyota bZ5 adalah penerus yang jelas dari konsep bZ SDN. Model tersebut adalah bagian dari seri bZ Toyota yang hanya terdiri dari satu mobil untuk saat ini, yaitu bZ4X.

Toyota bZ5 yang tertutup kamuflase beberapa kali terlihat tengah diuji coba di jalanan Cina. Detail eksteriornya disembunyikan dengan sangat baik.

Namun, interior dari bZ5 ini sempat terungkap, dengan layar konsol tengah, panel instrumen yang uni, dan roda kemudi palang tiga.

Eksteriornya, dimensi bZ5 memiliki panjang 4.725 mm, lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.475 mm dengan jarak sumbu roda 2.880 mm. Kecepatan tertingginya dibatasi, hingga 150 km/jam.

Seperti yang terlihat di gambar paten, bZ5 tetap hadir sejalan dengan konsep bZ SDN, dengan lampu depan yang sama, yang disambung dengan strip LED, bumper depan, dan dua garis paralel di kap mesin.

Eksteriornya memiliki garis sporty yang kuat dengan lengkungan roda yang lebar dan garis yang mengalir dari samping. Tapi di sini, kita dapat dengan mudah melihat bahwa itu bukan versi produksi final dari bZ5. Mobil yang terlihat dalam gambar paten, tidak memiliki gagang pintu atau kaca spion samping.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )