Kenali Tanda-tanda Aki Mobil Mulai Bermasalah

check car battery

JAKARTA, AVOLTA – Aki merupakan komponen penting pada kendaraan yang fungsinya sebagai pemberi daya arus listrik. Tentunya, secara fungsi harus optimal agar selama di perjalanan tidak mengalami masalah.

Salah satu caranya, yaitu melakukan perawatan agar kondisi dari aki tetap terjaga. Tapi, pemilik mobil juga harus tahu ciri-ciri aki mulai mengalami masalah agar bisa antisipasi sebelum mogok.

Menurut Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, cukup mudah mengetahui ciri aki mobil mulai mengalami masalah. Pertama, jika suara klakson sudah tidak seperti biasa, maka harus curiga.

“Karena daya listriknya sudah mulai berkurang, sehingga volume klakson menjadi tidak sekeras seperti biasanya. Itu harus curiga kalau aki mobil mulai bermasalah,” ungkap Didi di Jakarta belum lama ini.

Ciri kedua, lanjut Didi bisa dilihat dari wujud atau fisik aki. Apabila terdapat benjolan pada bagian sisi kiri atau kanan, maka dipastikan mengalami masalah elemen pengisian daya setrumnya.

Ciri terakhir, ketika menyalakan mesin mobil lalu sedikit tersendat atau tidak langsung menyala. Dipastikan daya aki sudah tidak maksimal.

“Tanda-tanda seperti itu biasanya tidak lama lagi aki akan mati, jadi sebaiknya jika mengalami kondisi seperti itu bisa langsung ditangani atau diganti agar tidak mengalami hal yang tidak diinginkan ketika di perjalanan,” tutur Didi.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )