Nganggur Selama Isoman, Cek Mobil Sebelum Digunakan Kembali

Parkir Mobil | www.jooinn.com

JAKARTA, AVOLTA – Bagi pasien yang terkena Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala, wajib melakukan isolasi mandiri (isoman) selama 10 hingga 14 hari. Praktis, mobil tidak digunakan, karena pemilik tidak berkegiatan atau bepergian.

Namun, setelah isoman, hal yang wajib dilakukan pertama kali, tentunya melakukan perawatan mobil. Pasalnya, sejumlah pengecekan harus dilakukan agar roda empat kesayangan tetap prima ketika digunakan kembali.

Berikut, tips pengecekan dan perawatan mobil setelah pemiliknya melakukan isoman, seperti disitat dari website resmi Auto2000:

Hal pertama saat pengecekan mobil setelah isoman, adalah membuka kap mesin. Pemeriksaan ruang mesin, yaitu memastikan tidak adanya hewan yang bersarang maupun benda asing di bagian tersebut.

Ketika melakukan pemeriksaan area mesin, sebaiknya periksa juga oli mesin. Caranya, dengan membaca kondisi kuantitas pelumas yang sangat mudah dilakukan. Tarik dipstick dan perhatikan ujungnya yang terdapat dua titik. Pastikan oli berada di titik batas atas.

Jika oli mesin berada di titik batas minimum, maka disarankan untuk melakukan pengecekan ulang. Perhatikan juga warna oli. Jika adanya campuran warna putih maka artinya terjadi kontaminasi dengan air.

Perawatan mobil (Lifepal)

Setelah itu cek sejumlah cairan. Pasalnya, di ruang mesin tentu terdiri dari banyak cairan selain oli mesin. Pertama bisa cek reservoir minyak rem, kemudian lanjut air radiator, washer wiper, dan pastikan semuanya volumenya ideal serta kualitas cairannya tidak buruk.

Cek juga kondisi aki mobil. Pastikan kabel-kabelnya terpasang sempurna dan dalam kondisi bersih. Baru masuk ke ruang kemudi dan putar kunci atau aktifkan tombol engine start-stop.

Perhatikan panel indikator tidak ada lampu yang menunjukkan abnormal mesin atau engine check yang menyala secara terus menerus. Setelah aman, cobalah starter mesin mobil.

Panaskan mesin mobil sekitar 5 menit. Namun jika mobil mengalami kesulitan starter dan tak kunjung menyala maka jangan dipaksakan terus menerus starter.

Terakhir, jika mesin mobil bisa kembali hidup normal, ada baiknya lakukan pembersihan eksterior dan interior mobil.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )