Isuzu Jepang Bantah Relokasi Pabrik Thai ke Indo

Pabrik Isuzu di Karawang, Jawa Barat. (AVOLTA)

JAKARTA, AVOLTA – Isuzu Motors langsung bereaksi menepis kabar kalau akan melakukan relokasi pabrik truk dari Thailand ke Indonesia, seperti yang disampaikan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita beberapa waktu lalu.

Jenama otomotif asal Jepang itu seperti dikutip laman Reuters, Sabtu (10/6/2023), lewat juru bicara prinsipal Isuzu Motors mengatakan, bahwa Isuzu akan terus fokus pada Indonesia sebagai pasar utama, tidak ada rencana untuk merelokasi pabrik Thailand ke Indonesia.

“Perusahaan belum membuat pengumuman mengenai relokasi pabrik truk ini,” ungkap juru bicara Isuzu Motors.

Sebelumnya, Menperin mengatakan, kalau pabrik yang akan dipindahkan ini awalnya memproduksi UD Trucks yang semula dimiliki Volvo dan diambil alih oleh Isuzu pada 2019.

“Kami menyampaikan apresiasi atas keputusan Isuzu tersebut dan mengharapkan agar pemindahan basis produksi tersebut dapat berjalan baik. Kami akan menyiapkan berbagai kemudahan, termasuk insentif, untuk mendukung proses pemindahan pabrik,” tutur Agus.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang. (Industri.co.id)

Agus mengatakan, bahwa pihak Isuzu sudah menyampaikan akan memindahkan pabrik truk dari Thailand ke Indonesia dan mulai berproduksi pada 2024 mendatang.

“Dalam pernyataan saya jelas bahwa yang dipindahkan itu, fasilitas produksi khusus untuk UD Truck dari Thailand ke Indonesia. UD Truck ini satu bagian dari merek Isuzu,” kata Agus, Jumat (9/6/2023).

Agus mengatakan, dirinya tidak tahu bagaimana ada dinamika seolah-olah yang jadi kesepakatan dengan Isuzu itu ialah memindahkan seluruh dari fasilitasnya di Thailand ke Indonesia.

Artinya, pabrik Isuzu di Thailand masih akan beroperasi. Hanya saja fasilitas khusus UD Truck akan dipindahkan ke Indonesia di bawah naungan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI). Di Indonesia, pabrik Isuzu berlokasi di Karawang, Jawa Barat dengan tingkat utilisasi 85%. Tahun lalu, jumlah produski yang bisa dihasilkan mencapai 44.694 unit.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )