Mendiang Ratu Elizabeth II Diantar Jaguar XF Hearse

Jaguar XF Ratu Elizabeth II (TheDrive)

LONDON, AVOLTA – Mendiang Ratu Elizabeth II dimakamkan di Kapel St, George di Windsor, London, Inggris, Senin (19/9/2022), waktu setempat. Menuju tempat peristirahatan terakhirnya tersebut, sang pemimpin kerajaan Inggris terlama dalam sejarah ini, dibawa menggunakan Jaguar XF Hearse.

Diketahui, mobil jenazah sang ratu merupakan model kustom dari Jaguar XF, yang dirancang Royal Household dan Jaguar Land Rover. Menariknya, sang ratu juga sempat terlibat dalam pengembangan mobil jenazah ini.

Mobil dengan kelir hitam ini memiliki kaca ekstra lebar, sehingga warga Inggris dapat melihat peti mati Ratu Elizabeth II dengan cukup jelas. Terlihat juga lampu iluminasi di kabin, sehingga peti mati lebih jelas terlihat.

Jaguar XF Ratu Elizabeth II (Drive.com.au)

Awalnya, peti jenazah Ratu Elizabeth II dibawa dari Kastil Balmoral ke Edinbrugh menggunakan Mercedes-Benz E-Class, yang merupakan mobil asal Jerman.

Hal tersebut, kemudian disayangkan oleh publik, karena semasa hidupnya, Ratu Elizabeth II merupakan sosok yang juga menggemari otomotif, dan banyak mengkoleksi mobil asal Inggris.

Kemudian, sesampainya di London, peti mati jenazah Ratu Elizabeth II langsung dipindahkan ke mobil jenazah Jaguar XF dengan logo khusus di kap mesin, mirip dengan Bentley State Limousine yang merupakan kendaraan dinas ratu semasa hidupnya.

Berbicara performa, Jaguar XF tersedia pilihan mesin bensin dan diesel. Untuk mesin bensin 2.000cc mampu menghasilkan tenaga 375 Tk. Sementara versi diesel mampu menyemburkan daya sebesar 161 Tk.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )