ESDM Gratiskan Biaya Konversi Motor Listrik

Bengkel Elders Garage salah satu yang punya sertifikasi konversi motor listrik di Indonesia. (NaikMotor.com)

JAKARTA, AVOLTA – Program konversi motor listrik saat ini sudah digratiskan oleh pemerintah, atau dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Dengan begitu, diharapkan masyarakat makin berminat untuk melakukan peralihan dari kendaraan bahan bakar minyak (BBM) ke tenaga baterai.

“Kementerian ESDM saat ini mengundang semua pemilik kendaraan motor roda dua, itu akses ke websitenya ESDM, nanti kami konversi secara gratis,” kata Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) ESDM Eniya Listiani Dewi, disitat dari Antara, ditulis Jumat (26/4/2024).

Lanjut Eniya, konversi motor listrik secara gratis ini, merupakan bantuan dari program corporate social responsibility (CSR). Sehingga, biaya yang seharusnya dibebankan kepada konsumen menjadi nihil alias tidak ada.

Sementara itu, biaya konversi motor listrik yang seharusnya dibebankan oleh konsumen, adalah sekira Rp 15 hingga Rp 17 juta.

Sedangkan untuk konversi motor listrik gratis ini, dapat dilakukan di bengkel yang sudah disertifikasi oleh Kementerian ESDM.

Konsumen yang memang ingin mengetahui lokasi mana saja bengkel yang sudah terverifikasi oleh Kementerian ESDM, bisa mengakses informasinya melalui situs ebtke.esdm.go.id/konversi.

“Ini merupakan upaya agar motor yang berkeliaran di jalan itu tidak ada emisinya. Paling tidak seperti itu,” pungkas Eniya.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )