Toyota Tambah Investasi Rp 27,1 Triliun untuk Kijang Hybrid

Kijang Innova BEV Concept Study Car langsung disambangi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto pada pembukaan IIMS Hybrid 2022. (TAM)

JAKARTA, AVOLTA – Toyota Motor Corp (TMC) menambah jumlah dana investasi di Indonesia senilai Rp 27,1 triliun untuk lima tahun ke depan sekaligus fokus menggarap kendaraan elektrifikasi. Alhasil, total investasi Toyota Group di Indonesia sejak 2019 menjadi Rp 41,1 triliun.

Informasi mengenai investasi ini dismpaikan langsung oleh Yoichi Miyazaki, CEO Toyota Motor Corp saat bertemu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Hotel Imperial, Tokyo, Selasa (26/7/2022).

Bahkan ikut hadir juga dalam pertemuan ini Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi dan Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono.

“Kami telah melakukan investasi dan mempercepat serta menjamin keseriusan kami dalam elektrifikasi. Komitmen ini akan disampaikan Presdir Toyota Group saat bertemu Presiden Jokowi dalam CEO Meeting nanti,” ungkap Yoichi.

Pertemuan para pejabat Indonesia, petinggi TMMIN dan TMC di Jepang (ist)

Sementara itu, Warih menjelaskan, terkait komitmen baru ini, Toyota akan mengenalkan sejumlah model baru untuk kemudian diproduksi dan dijual di Indonesia.

“Tentu ada hal-hal unik dalam investasi. Investasi di masing-masing model ini pasti berbeda. Pengembangan SDM juga nanti berbeda. Kami sedang menghitung berapa jumlah model baru yang akan kita perkenalkan di Indonesia, termasuk jenis HEV (mobil hybrid),” tutur Warih.

Bahkan, Toyota juga berkomitmen akan mengembangkan sumber daya manusia untuk menyambut era baru elektrifikasi. Salah satunya mengembangkan kemampun para insinyur Indonesia bekerjasama dengan Pertamina dan Inalum.

“Kami juga akan membangun xEV Centre, yang tidak hanya mengembangkan SDM orang-orang Toyota dalam pembelajaran elektrifikasi, tapi juga mengembangkan supply chain untuk mobil-mobil HEV (hybrid electric vehicle) hingga BEV (battery electric vehicle),” ungkap Warih.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )