Mobil Listrik AS Mullen Five Mau Masuk Indonesia?

Mullen Five, mobil listrik dari Amerika Serikat. (autodaily.com)

JAKARTA, AVOLTA – Pasar otomotif Indonesia ternyata masih sangat seksi bagi berbagai merek otomotif global. Terbukti, salah satu jenama mobil listrik asal Amerika Serikat (AS), Mullen siap ekspnasi untuk mencoba peruntungan di pasar Tanah Air.

Hal tersebut, terungkap dari salah satu paten mobil Mullen yang sudah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham.

Berdasarkan data Berita Desain Industri DJKI Kemenkumham, No 05/DI/2022, dengan nomor permohonan A00202103584, terpampang jelas siluet mobil buatan Mullen Technologies,Inc. Model tersebut, mengacu dengan produk pertama dari pabrikan yang bermarkas di Brea, California, yaitu Mullen Five.

Interior Mullen Five, mobil listrik bergaya crossover dari AS. (autodaily.com)

Model tersebut, adalah kendaraan listrik penuh yang telah melakukan debutnya di Los Angeles Auto Show 2021. Mobil ini sendiri, akan masuk tahap produksi pada kuartal keempat 2023, dengan prediksi penjualan dan pengiriman akan dilakukan pada 2024.

Sebelum membahas spesifikasi mobil listrik dari Negeri Paman Sam ini, ada baiknya mengetahui merek Mullen dahulu. Jenama ini memang masih terdengar cukup asing di telinga masyarakat Indonesia, karena jika berbicara merek mobil listrik asal AS, yang terlintas pasti Tesla.

Kemudian baru muncul nama perusahaan dengan skala yang lebih kecil, yaitu Lucid Air dan Rivian. Namun, di antara pabrikan tersebut, ada Mullen yang sudah beroperasi sejak 2014. Saat itu, pabrikan ini mengakuisisi CODA Automotive, dalam usahanya untuk memproduksi mobil.

Paten Mullen Five di Indonesia (Ist)

Spesifikasi

Balik kembali ke Mullen Five, model ini merupakan SUV coupe, dengan tampilan yang modern. Selain itu, mobil ini juga hadir dengan menonjolkan sisi kemewahan, dengan fitur speedometer digital kecil, head unit besar panjang, setir yang mengurangi tombol besar, panoramic sunroof, meja lipat di kursi baris kedua, dan tentunya wireless charging.

Kendaraa ini mendapatkan baterai berukuran 95 kWh dengan jarak tempuh bisa mencapai 523 km. Mobil ini, juga tersedia pengisian cepat, dari 0 hingga 80 persen dengan waktu 20 menit.

Detail jantung penggeraknya belum terungkap, termasuk motor listrik yang digunakan dan tenaga yang mampu dihasilkan mobil ini.

Tapi, Mullen mengklaim mobil ramah lingkungan ini dapat melesat dari 0 hingga 100 Kpj hanya dalam waktu 3,2 detik, dengan kecepatan maksimum yang dibatasi secara elektronik hingga 250 Kpj.

harganya, Mullen Five bakal dibanderol mulai US$55 ribu atau setara dengan Rp790 juta. Jika benar mendarat di Indonesia, berapa ya harganya?

 

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )