Pabrik Toyota di Karawang Sudah Siap Rakit Mobil Hybrid

Toyota Kijang Innova EV Concept Study Car, diciptakan sebagai bahan riset menuju produk elektrifikasi. (TAM)

JAKARTA, AVOLTA – Toyota Indonesia sudah memastikan akan memproduksi dan menjual mobil berteknologi hybrid. Proses perakitannya dilakukan di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di kawasan industri Karawang, Jawa Barat.

Bob Azam, Direktur Corporate Affairs PT TMMIN menjelaskan, line hybrid di pabrik TMMIN sudah dipersiapkan. Nantinya lajur tersebut ditujukan sebagai tempat mobil hybrid dirakit.

“Sekarang ini sedang kita persiapkan SDM-nya. Itu yang paling penting, kalau pabriknya sudah siap,” ungkap Bob di Karawang belum lama ini.

Bob melanjutkan, untuk memproduksi mobil hybrid bukan perkara merakit, tapi harus dipersiapkan mulai hulu sampai hilir. Misal teknisi untuk kegiatan after sales dan perawatan berkala.

“Sekarang mengeluarkan produk terus technician-nya tidak ada kan, persiapannya banyak, Itu yang paling penting,” tutur Bob lagi.

Perlu diketahui, Toyota sudah berkecimpung di bisnis mobil hybrid di Indonesia sejak 2009 dengan memperkenalkan Toyota Prius.

Saat ini, terdapat beberapa model mobil hybrid Toyota di pasar Indonesia seperti Toyota All New Corolla Altis Hybrid, Toyota All New Camry Hybrid, Toyota C-HR Hybrid, Toyota Corolla Cross Hybrid, dan Toyota Century Hybrid.

Sementara di segmen mobil battery electric vehicle (BEV), Toyota mengusung model Lexus UX 300e. Selain itu, Toyota juga punya Toyota COMS dan C+Pod yang digunakan di EV Smart Mobility Bali.

Dalam skala global, Toyota Motor Group telah berkomitmen menambah investasi pada kendaraan listrik sebesar US$ 70 miliar hingga tahun 2030. Setengah dari nilai investasi tersebut ditujukan untuk pengembangan mobil listrik berbasis baterai penuh.

Dari total investasi tersebut, terdapat alokasi dana sebesar US$ 1,29 miliar yang akan dipakai Toyota untuk membangun pabrik baterai di California, Amerika Serikat yang diperkirakan beroperasi 2025.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )