Nissan dan Mitsubishi Hadirkan Sepasang Mobil Listrik Imut

Nissan Sakura dan Mitsubishi eK X meluncur dari Pabrik Mizushima, Jepang. (Mitsubishi Motors/InsideEV)

TOKYO, AVOLTA – Nissan Motor Co dan Mitsubishi Motors Corp  resmi meluncurkan sepasang mobil listrik kompak pertama, hasil kolaborasi bersama. Model listrik imut ini bertujuan untuk menarik lebih banyak konsumen Jepang, ke mobil bertenaga baterai dengan harga lebih murah.

Disitat Reuters, Sabtu (21/5/2022), kedua pembuat mobil asal Negeri Matahari Terbit, yang merupakan bagian dari aliansi Renault, dianggap sebagai pelopor di pasar kendaraan listrik Jepang, namun masih berjuang untuk menarik konsumen dan menghadapi tantangan dari pendatang baru yang tumbuh cepat, seperti Tesla.

“Saya yakin bahwa (kendaraan baru) yang mewakili aliansi akan menjadi pengubah permainan untuk kendaraan listrik di Jepang,” ujar Chief Executive Officer Nissan, Makoto Uchida.

Nissan Sakura akan dijual menyasar segmen kei car, porsi pasar terbesar di Jepang. (Nissan)

Kedua produsen ini berharap, dapat memanfaatkan kei car listrik ini yang mencakup hampir 40% mobil di Jepang. Aliansi tiga perusahaan awal tahun ini merinci rencana lima tahun untuk menginvestasikan US$26 miliar, dalam lima tahun untuk pengembangan kendaraan listrik termasuk kei car.

Nissan yang memproduksi kendaraan listrik Leaf dan Ariya, akan menawarkan mobil listrik ringan pertamanya Sakura. Model ini akan dibanderol 1,78 juta yen, setelah dipotong subsidi pajak dari pemerintah.

Mitsubishi eK X EV, merupakan produk kolaborasi berbagi platform bersama Nissan. (Mitsubishi Motors)

Sedangkan Mitsubishi, akan merilis eK cross EV yang dibanderol 1,85 juta yen. Kedua pabrikan ini akan mulai menjual kei car listrik dalam waktu dekat ini.

“Orang-orang yang dulu berpikir bahwa EV terlalu mahal akan menjadi sedikit lebih tertarik, dan akan bersedia mencobanya,” kata Riho Suzuki, Manajer Produk Regional Nissan.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )