Menperin Pastikan Mazda Bangun Pabrik Mulai 2024

 

JAKARTA, AVOLTA – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan Mazda mulai investasi pembangunan pabrik perakitan di Indonesia mulai 2024. Informasi itu didapat setelah melakukan kunjungan kerja ke Jepang dan bertemu dengan para prinsipal otomotif.

“Kami membahas amplifikasi kerjasama bidang otomotif yang lebih luas. Bersama Mazda, kami membahas komitmen investasi perusahaan tersebut yang rencananya akan mulai dilakukan tahun 2024 mendatang,” ungkap Agus dalam keterangan resmi, Rabu (7/6/2023).

Selain itu, Agus juga ingin memastikan dan mendorong Mazda agar menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk Kawasan Asia Tenggara dan Australia. Apalagi Mazda menjadi merek terlaris kedua di Australia.

Sebagai contoh, tahun lalu Mazda berhasil menjual 95.718 unit, dan model terlaris CX-5, BT-50 dan CX-3 yang semuanya diimpor dari Thailand.

Bukan cuma itu, Kemenperin juga mendorong Mazda memproduksi mobil listrik di Indonesia, model yang dibidik adalah MX-30.

“Kami mengharapkan Mazda dapat mempertimbangkan produk Mazda MX-30 (EV) sebagai salah satu line-up yang diproduksi di Indonesia,” tutur Agus.

Sementara itu, Hironoki Tanaka, Managing Executive Officer Mazda Motor Corporation, mengatakan bahwa saat ini perwakilannya sedang mengunjungi Indonesia untuk menentukan model mana yang akan diproduksi lokal di pabrik baru.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )