Proton Rilis X90, SUV Bermesin Mild Hybrid

JAKARTA, AVOLTA – Proton tidak ingin melewatkan kesempatan untuk ikut bermain di kendaraan elektrifikasi. Produsen otomotif asal Malaysia itu resmi merilis X90 yang merupakan sport utility vehicle (SUV) 7-penumpang dengan teknologi mesin mild-hybrid.

Berdasarkan keterangan resmi, Kamis (30/3/2023) Chief Executive Officer Proton Li Chunrong X90 dibekali sistem Sinergi Motor Listrik (EMS) 48V yang dapat memberikan peningkatan efisiensi bahan bakar, kinerja dan pengurangan emisi.

Sistem tersebut secara mulus mengintegrasikan enam komponen utama, termasuk motor 48V Belt-Starter Generator (BSG), konverter DCDC, baterai Lithium-Ion 48V, sistem manajemen baterai, sistem pengereman pemulihan dan sistem kontrol modul hybrid.

“Sistem tersebut tidak hanya meningkatkan efisiensi bahan bakar dan menurunkan emisi tetapi juga memberikan tenaga dan torsi tambahan untuk meningkatkan kinerja,” ungkap Chunrong di Kuala Lumpur.

Menurut dia, kehadiran X90 juga sekaligus menjadi langkah pertama Proton masuk ke segmen NEV, dengan menampilkan teknologi inovatif dan solusi cerdas yang memberdayakan pelanggan.

Secara teknis, sistem EMS 48V dipadu padankan dengan mesin 1.5-liter TGDi. Klaim Proton, X90 dapat memberikan tenaga gabungan hingga 190 PS dan torsi 300 Nm. EMS 48V sendiri memberikan dorongan tambahan sebesar 13 PS dan 45 Nm, menjadikannya pilihan yang bertenaga namun ekonomis untuk paket SUV tiga baris.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )