Pabrik Baterai Hyundai dan LG Beroperasi 2024 di Cikarang

Peta Pabrik Baterai EV Hyundai dan LG di Cikarang (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution telah membangun pabrik baterai untuk kendaraan listrik, tepatnya di Cikarang, Indonesia. Dalam proyek tersebut, kedua perusahaan asal Korea Selatan ini mendapatkan dana pinjaman 710 juta dolar AS atau sekitar Rp 10,5 triliun.

Menurut laporan Yonhap, seperti ditulis Jumat (26/8/2022) dana tersebut didapat dari lima perusahaan keuangan internasional yang berbeda dengan jangka waktu hingga 10 tahun.

Hyundai Motor Co, Kia Corp, Hyundai Mobis Co dan LG bakal memberikan jaminan hutang sebanding dengan nilai saham mereka dalam proyek pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik di Indonesia.

Sedangkan perusahaan asuransi perdagangan yang berkantor pusat di Seoul, Korea Trade Insurance Corp, juga akan memberikan jaminan kredit dalam proses pendirian pabrik baterai EV tersebut.

Nantinya, pabrik baterai mobil listrik ini bakal dibangun di wilayah Cikarang, Jawa Barat. Fasilitas tersebut direncanakan mulai produksi pada tahun 2024 mendatang.

Pabrik tersebut ditargetkan bisa memproduksi sel baterai senilai 10 gigawatt jam per tahun. Jumlah tersebut diklaim bisa menjalankan lebih dari 150.000 mobil listrik. Bahkan akan meningkatkan kapasitasnya hingga 30 gigawatt jam.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )