Jepang Mulai Uji Coba Truk Listrik di ASEAN

BANGKOK, AVOLTA – Kendaraan listrik yang berpotensi berkembang di Asia Tenggara tidak hanya sebatas mobil penumpang. Roda empat komersial ramah lingkungan, juga kini mulai banyak diuji di Asia Tenggara.

Seperti yang dialkukan oleh pabrikan raksasa asal Jepang, yang tergabung dalam Commercial Japan Partnership MTechnologies Corporation (CJPT), yakni Isuzu Motor, Toyota Motor, Suzuki Motor, dan Daihatsu Motor, serta Hino Motor yang mulai melakukan pengujian kendaraan listrik komersial.

Uji coba yang diselenggarakan oleh Toyota Motor Thailand ini, masing-masing prinsipal memperkenalkan beberapa kendaraan komersial untuk berbagai tujuan, seperti kepentingan pemerintah, media, partner perusahaan, dan perusahaan armada.

CJPT sendiri dibentuk sejak April 2021 dengan tujuan untuk mempercepat implementasi dan popularisasi teknologi CASE sehingga mampu menyelesaikan tantangan dunia transportasi dan mencapai masyarakat dengan netralitas karbon.

“Dengan dukungan dan apresiasi dari masyarakat, kami akan terus berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Asia dengan berbagai konsumsi bahan bakar rendah dan kendaraan dengan efektivitas tinggi, terimasuk ICE vans yang kecil, Hybrid Electric Vehicles (HEV), Battery Electric Vehicles (BEV), dan Fuel Cell Electric Vehicles,” ujar Ketua CJPT, Hiroki Nakajima, dalam keterangan resminya.

Sementara itu, Sesuai dengan kolaborasi yang telah dilakukan dengan Charoen Pokphand Group (CP) pada Desember tahun lalu, CJPT menargetkan untuk memperluas kerja sama di Asia termasuk ke dalam area suplai energi (solusi energi), solusi mobilitas seperti kesediaan kendaraan dan manajemen logistic, dan solusi data dengan menyatukan seluruh kelebihan dari setiap perusahaan.

Dalam perjalanan untuk mencapai netralitas karbon, kendaran powertrain yang dicari oleh pelanggan dapat bervariasi tergantung pada situasi energi dan kebutuhan pelanggan di setiap negara.

Pilihan teknologi itu meliputi Hybrid Elctric Vehicles (HEV), Battery Electric Vehicles (BEV), dan Fuel Cell Electric Vehicles.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )