Sayonara Toyota Camry!

TOKYO, AVOLTA – Toyota Motor Corporation (TMC) berencana untuk menghentikan penjualan dari salah satu sedan andalannya, Camry pada akhir tahun ini di Jepang. Raksasa otomotif Negeri Matahari Terbit ini, akan fokus memasarkan model flagship tersebut di negara lain alias pasar ekspor.

Disitat dari Asia Nikkei, Jumat (24/3/2023), Toyota bahkan sudah mengkonfirmasi dengan diler di jepang bahwa produksi Camry akan dihentikan untuk pasar domestik pada akhir tahun ini.

Selain itu, produksi akan dilanjutkan untuk pasar ekspor, dan penjualan untuk domestik akan dihentikan secara bertahap. Bahkan, Toyota sendiri sudah tidak lagi menerima besagian pesanan baru untuk Camry.

Sementara itu, untuk model baru dari Toyota Camry yang tengah dikembangkan akan dijual secara eksklusif untuk pasar ekpor.

Sebagai informasi, penjualan Camry pada tahun lalu di Jepang, kurang dari 6.000 unit. Hal tersebut, sebagian disebabkan oleh krisis cip semikonduktor, dan model-model lain seperti SUV ataupun minivan menjadi lebih populer di Jepang.

Toyota sendiri telah menjual sekitar 1,3 juta unit Camry di Jepang, terhitung sejak model tersebut melakukan debut pada 1980. Untuk harga jual Camry di Jepang sendiri, sekitar 3,49 juta yen hingga 4,68 juta yen.

Toyota Camry ini, sebagaian besar memang diproduksi di Amerika Serikat, Cina, dan juga Tsutsumi di Prefektur Aichi, Jepang. Seperti Corolla, Camry merupakan model global stretegis Toyota, yang namanya berarti mahkota.

Selain itu, Toyota Camry sendiri sudah dijual di lebih dari 100 negara, dengan volume penjualan mencapai 21 juta unit per akhir tahun lalu.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )