Daihatsu Ternyata Sudah Punya Sedan Kecil Untuk Indonesia

Desain paten sedan Daihatsu di Indonesia (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Daihatsu ternyata sudah mendaftarkan desain industri model sedan kecil di Indonesia. Kalau terlihat dari data Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM, sedan ini mirip Toyota Vios.

Berdasarkan data yang sama, pendaftar dari mobil sedan baru ini adalah Daihatsu motor Co., LTD, yang beralamat di Osaka, Jepang.

Sementara itu, sedan yang telah didaftarkan ini memang memiliki bentuk dan desain mirip dengan generasi terbaru Toyota Vios yang sudah meluncur di Tanah Air tahun lalu. Namun, model tersebut memang sudah tidak lagi diproduksi di Indonesia, dan yang dijual merupakan produk impor langsung dari Thailand.

Model tersebut, menggunakan platform baru Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Mobil ini pertama kali meluncur di Thailand dengan nama Yaris Ativ.

Toyota Vios (Toyota Indonesia)

Menanggapi pendaftaran model sedan tersebut, Director Marketing and Director Corporate Planning & Communication PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sri Agung Handayani membenarkan pendaftaran tersebut. Namun, pihaknya masih berkilah terkait peluncuran atau produksi mobil sedannya ini di Indonesia.

“Ini pendaftaran rutin yang dilakukan oleh DMC (Daihatsu Motor Corporation) untuk hak cipta kendaraannya,” kata Sri, seperti dikutip dari laman Bisnis, Selasa (3/1/2023).

Sementara itu, jika sedan Daihatsu ini memang benar kembaran all new Vios, maka model tersebut memiliki spesifikasi yang tidak berbeda jauh. Mesinnya, menggunakan unit berkode 2NR-VE 1.496 cc 4-silinder.

Dengan jantung penggerak itu, mobil ini mampu menghembuskan tenaga hingga 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )