Bukan Indonesia, Tesla Lebih Dulu Berbisnis di Thailand

BANGKOK, AVOLTA – Tesla dalam beberapa waktu terakhir tengah gencar diperbincangkan di Indonesia. Hal tersebut, tak lepas dari rencana investasi pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat di Tanah Air, meskipun masih nego.

Namun, Tesla sendiri ternyata lebih dulu masuk ke pasar Thailand. Nama perusahaan milik Elon Musk ini sudah terdaftar di laman Departemen of Business Development, Ministry of Commerce Thailand.

Disitat Thaigear, Tesla Company Ltd resmi terdaftar Rabu, 25 Mei 2022, dengan investasi awal sebesar 3 juta baht atau setara dengan Rp1,2 triliun.

Disebutkan, Tujuan Tesla di Thailand adalah untuk menjual kendaraan listrik. Selain itu, Tesla juga akan memasang dan menjual sistem distribusi energi dan penyimpanannya. Dalam hal ini, sepertinya itu merupakan sistem perangkat pengisian dan bukan produksi baterai.

Kedatangan Tesla di Thailand memang sejalan dengan kebijakan pemerintah di negara tersebut untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik untuk mengurangi emisi karbon.

Pada Maret 2022, pemerintah Thailand telah menyetujui anggaran sebesar 3 miliar baht untuk subsidi harga eceran mobil listrik, dan juga akan mengurangi pajak penghasilan atas kendaraan listrik.

Dengan masuknya Tesla ke pasar Thailand, apakah pabrikan Negeri Paman Sam ini lebih pilih Negeri Gajah Putih dibanding Indonesia?

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, bahwa rencana investasi dari Tesla, masih nego karena membutuhkan waktu dan proses yang tidak sebentar.

Sebab, menurut Luhut mengingat hingga saat ini belum ada kesepakatan resmi yang dicapai antara Indonesia dengan pihak Tesla, Inc.

“Masuknya investasi dari suatu perusahaan itu tidak semudah menjentikkan jari. Ini butuh proses dan waktu yang tidak sebentar. Apalagi ini investasi dengan nilai jumbo. Jadi kita harus sabar, supaya nantinya bisa benar-benar membawa manfaat besar bagi masyarakat dan negara seperti yang kita semua harapkan,” ungkap Luhut di Jakarta, beberapa waktu lalu.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )