Produksi Toyota Innova Zenix di Indonesia 50% Untuk Ekspor

Proses peluncuran produksi perdana Toyota Kijang Innova Zenix di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat. (TMMIN)

JAKARTA, AVOLTA – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah memastikan, Toyota Kijang Innova Zenix masih jadi andalan untuk pasar ekspor. Bahkan, pengiriman untuk model terbaru dari mobil keluarga andalan pabrikan Jepang ini, akan dilakukan mulai tahun depan.

Presiden Direktur PT TMMIN, Warih Andang Tjahjono mengatakan, semua varian Toyota Kijang Innova Zenix akan ditujukan untuk pasar ekspor, baik yang hybrid maupun bensin.

“Untuk ekspor kita 50% dan juga 50% lagi untuk lokal. Nanti kita lihat juga demand-nya seperti apa,” ujar Warih Andang Tjahjono, seperti dikutip dari laman Antara, Jumat (2/12/2022).

Sementara itu, Director Corporate and External Affairs PT TMMIN, Bob Azam mengatakan, ekspor Toyota Innova Zenix ini total akan dikirim ke 50 negara “Negara barunya Afrika, jadi genap 50 negara nantinya,” tegas Bob di kesempatan yang sama.

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid lagi dites di pabrik TMMIN, Karawang, Jabar. (TMMIN)

Namun, Bob sendiri tidak bisa membeberkan negara mana saja yang akan jadi tujuan ekspor Toyota Kijang Innova Zenix. Namun, keputusan untuk melakukan pengiriman ke 50 negara tersebut, tidak lepas dari pencapaian Toyota di Indonesia yang mampu meningkatkan jumlah pengiriman model ke pasar mancanegara hingga 40%.

Ekspor Toyota sendiri, masih didominasi model-model seperti Avanza, Fortuner, dan juga Innova.

“Ya naik juga, karena ekspor kita naik hampir 40%. Ekspor sudah pulih dengan baik, kita berharap waktu jadi elektrifikasi posisi kita sebagai ekpsortir juga 60% naiknya,” tambah Bob.

Untuk diketahui, pengembangan Toyota Innova Zenix menghabiskan investasi sebesar Rp 4,2 triliun dengan menyerap 1.000 tenaga kerja baru. Selain itu, produksi model ini menggandeng lebih dari 100 rantai pasok lokal lapis pertama, selain pemasok lokal lapis kedua dan ketiga.

Sejumlah 8 pemasok lokal, juga terlibat dalam perakitan baterai Kijang Innova Zenix HEV.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )