Bisa Jadi Acuan, Daftar Bengkel Konversi Motor Listrik Resmi

Yamaha RX-Kimg konversi jadi motor lstrik. (Rangga/Otomotifnet)

JAKARTA, AVOLTA – Saat melakukan konversi dari sepeda motor berbahan bakar konvesional menjadi listrik, tentunya tidak boleh sembarangan. Pemilik kendaraan harus datang ke bengkel yang sudah mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), karena sudah diatur dalam regulasi.

Mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Berbasis Baterai, bengkel konversi harus bersertifikasi.

Tentunya, untuk mendapatkan sertifikat tersebut, bengkel konversi wajib memiliki teknisi yang berkompetensi, peralatan khusus instalasi, peralatan perlindungan listrik, hingga fasilitas keamanan dan keselamatan kerja.

Khusus para teknisi, harus memenuhi persyaratan kemampuan dan pengetahuan. Kemudian memiliki pengalaman paling sedikit dua tahun sebagai teknisi kendaraan bermotor. Selanjutnya harus melampirkan sertifikat lulus uji kompetensi.

Menurut Direktur Sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan Danto Restyawan, sekarang ini sudah ada 10 bengkel konversi motor listrik yang sudah tersertifikasi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Konversi motor listrik Honda BeAT oleh bengkel Katros Garage. (MotorPlus)

“Tentunya ini bisa menjadi rujukan bagi masyarakat yang hendak mengganti roda dua miliknya dari mesin pembakaran internal menjadi motor penggerak listrik,” ungkap Danto belum lama ini di Jakarta.

  1. Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Badan Litbang ESDM.

Tempat yang bisa masyarakat datangi adalah Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, (P3TBKE) Badan Litbang ESDM. Letaknya berada di Jl. Pendidikan, Pengasinan, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

  1. PT Braja Elektrik Motor

Bengkel konversi kedua yang dapat didatangi adalah PT Braja Elektrik Motor. Bengkel ini terletak di Jl. Keputih Tegal No. 28, Keputih, Sukolilo, Surabaya.

  1. Elders Garage

Ketiga, pemilik kendaraan yang ingin melakukan konversi dapat mendatangi Elders Garage. Letaknya di Jl. Pangeran Antasari No. 36, Jakarta Selatan

  1. Juara Bike (Selis)

Motor berbahan bakar BBM dapat melakukan konversi menjadi listrik di Juara Bike (Selis). Alamatnya ada di Jl. Raya Serang Km 14,2, Pasir Gadung, Cikupa, Tangerang, Banten

  1. Kampus ITS Surabaya

Tak hanya perusahaan swasta, kampus ITS Surabaya pun menawarkan program konversi kendaraan listrik. Alamatnya terletak di Sukolilo, Surabaya.

  1. PT Nagara Sains Konversi

PT Nagara Sains Konversi terletak di Treasury Tower Lantai 7, District 8, SCBD, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52-53, Jakarta Selatan.

  1. PT Handhika Garda Parama

Bengkel konversi motor listrik lainnya yang dapat dikunjungi adalah PT Handhika Garda Parama. Letaknya di Jl. Raya Mabes Hankam No. 28, Setu, Cipayung, Jakarta Timur.

  1. PT Percik Daya Nusantara

PT Percik Daya Nusantara merupakan salah satu bengkel konversi kendaraan listrik yang ada di Bali. Alamatnya berada di Jl. Dewi Sri No.5, Legian, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

  1. Bintang Racing Team (BRT), PT Tri Mentari Niaga

Perusahaan penyedia komponen sepeda motor, Bintang Racing Team telah mendapatkan sertifikasi sebagai bengkel konversi motor listrik. Letaknya berada di Jl. Raya Sirkuit Sentul No.84, Sentul, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

  1. Electric Wheel, PT Roda Elektrik Gemilang

Masyarakat pulau dewata yang ingin melakukan konversi bisa datang ke Electric Wheel, PT Roda Elektrik Gemilang. Alamatnya berada di Jl Antasura No 50, Peguyangan Kangin, Denpasar, Bali.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )