Polisi Kawal KTT G20 Pakai Mobil Listrik, Pagu Rp 66 Miliar

Mobil dan motor listrik polisi untuk KTT G20 (instagram NTMC Polri)

JAKARTA, AVOLTA – Penggunaan kendaraan listrik di Konferensi Tingkat Tinggi (G20) tidak hanya untuk pejabat dan tamu negara. Korlantas Polri, juga akan memakai mobil dan sepeda motor ramah lingkungan untuk pengawalan lalu lintas di ajang yang bakal berlangsung di Bali, pada November 2022 ini.

Dalam menjalankan tugasnya, pihak kepolisian akan menggunakan 88 unit mobil listrik dan 94 sepeda motor listrik.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi mengatakan, bahwa sekarang ini sudah mulai melakukan pelatihan kemampuan personel dalam menggunakan dan mengoperasikan mobil dan motor listrik.

“Tentunya dalam pelatihan ini melibatkan 50 perserta anggota Korlantas Polri, dan dalam memaksimalkan pengawalan kita kerahkan Subditwal dan PJR Ditgakkum,” ungkap Firman ketika dihubungi Avolta, beberapa waktu lalu.

Berdasarkan laporan di laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik milik Polri, untuk pengadaan motor listrik yang akan digunakan di KTT G20, disediakan anggaran sebesar Rp 83.325.704.000 yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2022.

Sedangkan untuk mobil listrik, juga disediakan dana sebesar Rp 66.822.360.000 yang juga berasal dari APBN 2022.

Sebagai informasi, mobil listrik yang akan digunakan sebagai pengawalan KTT G20, adalah Hyundai Ioniq hatchback. Menyoal harga, mobil listrik asal Korea Selatan ini dibanderol Rp 682 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.

Sementara itu, untuk pengadaan motor listrik yang akan digunakan di KTT G20, lelangnya dimenangkan oleh PT Arya Motor Indonesia. Motor listrik yang disiapkan, adalah Zero Motorcycles.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )