Volvo Cetak 3.300 Lapangan Kerja dari Pabrik Mobil Listrik

JAKARTA, AVOLTA – Volvo Car Group akan menginvestasikan US$1,25 miliar untuk membangun pabrik kendaraan listrik (EV) di Slovakia. Fasilitas perakitan ini, merupakan yang kelima di negara tersebut milik pabrikan yang berbasis di Swedia ini.

Disitat Reuters, Selasa (5/7/2022), pembangunan pabrik kendaraan listrik baru ini memperkuat posisi Swedia sebagai produsen mobil per kapita terbesar di dunia, dengan Slovakia yang mampu memproduksi lebih dari 1 juta unit pada tahun mendatang.

Sedangkan bagi Volvo, pabrik ini akan menjadi yang ketiga di Eropa, dan khusus hanya akan digunakan untuk membangun kendaraan listrik. Hal itu juga sejalan dengan ambisi perusahaan untuk memproduksi kendaraan listriks ecara eksklusif pada akhir dekade ini.

Uni Eropa sendiri bertujuan untuk menghentikan penjualan mobil bahan bakar konvensional, bensin dan diesel pada 2035.

“Ekspansi di Eropa, wilayah penjualan terbesar kami sangat penting untuk peralihan kami ke elektrifikasi dan pertumbuhan yang berkelanjutan,” ujar Chief Executive Jim Rowan, dalam sebuah pernyataan resmi.

Sementara itu, fasilitas di wilayah Kosice di Slovakia timur ini dirancanag untuk produksi hingga 250 ribu unit mobil per tahun. Selain itu, investasi ini juga akan menciptakan 3.300 lapangan pekerjaan baru di sekitar kota Kosice, 100 kilometer dari perbatasan dengan Ukraina.

Daerah ini telah lama memiliki tingkat pengangguran yang tinggi dibandingkan dengan bagian barat negara itu

Sebagai informasi, pabrik Volvo Cars Eropa lainnya berada di Belgia dan Swedia. Outputnya tahun lalu naik 5,6 persen menjadi hampir 700.000 mobil, di mana 27 persem di antaranya sepenuhnya listrik atau hibrida plug-in.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )