Jokowi Ingin Hyundai Ioniq 5 Jadi Transportasi Utama di IKN

Ilustrasi mobil listrik Hyundai Kona, lagi cas baterai. (Hyundai)

JAKARTA, AVOLTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang ke peresmian pabrik Hyundai sekaligus peluncuran Hyundai Ioniq 5. Model ini sekaligus menjadi mobil pertama yang diproduksi di Indonesia.

Sebagai mobil listrik dan tentunya ramah lingkungan, maka Jokowi berkeinginan IONIQ 5 ini menjadi alat transportasi utama di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, karena dia juga pernah mengatakan bahwa kendaraan yang ada di sana harus ramah lingkungan.

“Saya harapkan mobil listrik Hyundai Ioniq 5 ini akan menjadi milestone penting dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Selain itu, Jokowi juga ingin mobil listrik ini menjadi tumpuan utama untuk aksesibilitas warga IKN dalam berkegiatan, karena mengedepankan rendah emisi dan ramah lingkungan.

Hyundai Ioniq 5 mau dirakit lokal di Indonesia, paling mungkin berstatus IKD. (insideEV)

Agar semua itu terlaksana, maka Jokowi berharap Indonesia bisa menjadi pemain penting dalam global supply chain di industri mobil listrik.

“Sekarang ini Indonesia memiliki sumber daya mineral yang sangat besar utuk mendukung pengembangan mobil listrik,” kata dia.

Menurut Jokowi, momentum tahun 2022 ini akan menjadi aset penting untuk pengembangan baterai lithium untuk kendaraan listrik. Beberapa investor akan memulai konstruksi yang siap mengolah nikel dan kobalt menjadi bahan material lithium baterai.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )