Banyak Hari Libur, Penjualan Mobil April 2022 Ambles 15%

Jejeran Unit Produksi Daihatsu bermerek Toyota di Fasilitas Vehicle Logistic Center, Sunter siap ekspor ke mancanegara. (ADM)

JAKARTA,  AVOLTA – Penjualan mobil secara nasional pada April 2022 mengalami penyusutan dibanding bulan sebelumnya. Hal tersebut, dikarenakan banyaknya hari libur jelang lebaran, sehingga aktivitas produksi dan diler juga terbatas.

Berdasarkan data Gabungan Industri kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), untuk wholesales (pabrik ke diler) turun 15,9 persen, menjadi 82.877 unit dari Maret 2022 sebesar 98.554 unit.

Sedangkan retail (diler ke konsumen) turun 9,3% menjadi 81.615 unit, dari Maret 2022 sebanyak 89.965 unit.

Namun, jika dibandingkan penjualan pada periode yang sama tahun lalu, masih lebih baik, dengan kenaikan wholesales sebesar 5% atau dari April 2021 sebanyak 78.908 unit dibandingkan April 2022 menjadi 82.877 unit.

Sementara retail, mengalami kenaikan 2,7 % atau dari April 2021 sebesar 79.502 unit menjadi 81.615 unit pada April 2022.

Jika dilihat dari keseluruhan bulan berjalan atau Januari hingga April 2022, penjualan juga masih mengalami peningkatan. Tercatat empat bulan 2021, jumlah wholesales hanya 265.934 unit dan naik 30,4 % jika dibandingkan periode sama 2022, yaitu 80.915 unit.

Dari segi retail, juga mengalami kenaikan 24,2 % atau pada Januari hingga April 2021 penjualan hanya 257.958 unit dibandingkan periode yang sama pada 2022 menjadi 320.370 unit.

Meskipun penjualan April 2022 mengalami penurunan, namun masih berada di level 80 ribuan unit per bulan. Artinya, jumlah tersebut sudah setara dengan penjualan bulanan sebelum pandemi Covid-19.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )