Tesla Mau Bangun Pabrik Baterai dan BEV di Batang

JAKARTA, AVOLTA – Setelah pertemuan Presiden Jokowi dengan CEO Tesla Elon Musk berlangsung belum lama ini, akhirnya bocoran hasil mulai terdengar.

Produsen mobil listrik asal Texas, Amerika Serikat ini, berniat investasi dengan membanggun pabrik baterai dan mobil listrik alias BEV di Indonesia.

Informasi ini disampaikan langsung oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dalam konferensi virtual yang disiarkan Youtube Kementerian Investasi (19/5/2022).

“Dia (Tesla) akan masuk ke dua bagian industri besar, pertama tentang ekosistem baterai mobil dan mobilnya. Insya Allah tahun ini. Berapa dan kapan, masih rahasia,” kata Bahlil.

Bahlil juga menyampaikan kalau investasi akan dilakukan di Batang, Jawa Tengah, seiring dikembangkan wilayah itu menjadi kawasan industri terpadu.

“Batang akan jadi pusat kawasan Industri terbaik di Indonesia. Di sana akan ada perusahaan-perusahaan besar, seperti LG, Foxconn, Tesla pun Insyaallah akan masuk ke sana dan beberapa perusahaan lain,” ujar Bahlil.

Bahlil mengatakan, awal pendekatan pemerintah Indonesia dengan Tesla dan Foxconn memang menjadi strategi mendorong investasi atas permintaan Presiden Jokowi. Rencana ini dieksekusi berbagi tugas dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan.

“Saya merayu Foxconn, Pak Luhut merayu Tesla. Gombalan kita untuk Foxconn lolos. Tesla masih tarik ulur. Berkat tangan dingin dan intuisi presiden, Tesla masuk ke Indonesia,” kata dia.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )