Toyota Resmikan xEV Center Fasilitas Edukasi Elektrifikasi di Karawang

xEV Center TMMIN (dok.TMMIN)

JAKARTA, AVOLTA – Toyota Indonesia menyambut baik era elektrifikasi di industri otomotif nasional. Salah satu komitmennya, yaitu mendirikan fasilitas pembelajaran dan perkembangan elektrifikasi serta energi hijau, yaitu xEV.

Fasilitas tersebut berdiri di lokasi pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Karawang 3 dengan luas area saat ini 600 m 2 . Proses pembangunan fase pertama berlangsung sejak Juli 2020.

Warih Andang Tjahjono Presiden Direktur PT TMMIN mengatakan, xEV center merupakan wujud nyata kolaborasi dan sinergi positif triple helix antara Pemerintah, Akademisi, dan Industri Otomotif.

Tentunya, Toyota Indonesia, lanjut Warih sangat mendukung penuh pemerintah dalam upaya berkelanjutan dalam mencapai target Netralitas Karbon, karenanya xEV Center TMMIN ini dikembangkan sebagai bagian dari ekosistem era elektrifikasi melalui advokasi publik mengenai ragam pilihan dan teknologi yang tersedia.

“Toyota percaya mencapai Netralitas Karbon harus ada solusi praktis dan berkelanjutan melalui berbagai pilihan teknologi (multi pathway) seperti kendaraan dengan efisiensi bahan bakar tinggi, Flexi Engine (bio-fuel), HEV, PHEV, BEV, dan FCEV yang berbahan bakar hidrogren yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan kondisi Indonesia,” ungkap Warih di Karawang, Kamis (19/5/2022).

Warih melanjutkan, xEV Center ini nantinya akan menjadi fasilitas edukasi yang dapat diakses dengan mudah oleh seluruh publik baik bagi Pemerintah, akademisi, siswa sekolah, dan masyarakat umum.

Kehadirannya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mencapai lingkungan yang lebih hijau melalui kehadiran berbagai teknologi elektrifikasi di Indonesia.

Langkah Toyota Indonesia menuju era elektrifikasi di Indonesia dilakukan dengan mempertimbangkan banyak hal, mulai kesiapan rantai pasok atau supply chain, sumber daya manusia sampai layanan purna jual.

xEV Center TMMIN (dok.TMMIN)

“Toyota Indonesia percaya harus ada solusi praktis dan berkelanjutan dengan menggabungkan berbagai pilihan dan teknologi seperti LCGC, flexy-engine, HEV, PHEV, BEV, dan PHEV yang sesuai dengan kebutuhan konsumen yang beragam,” tutur Warih.

Sementara itu, transisi SDM, teknologi, dan kesiapan rantai pasok dalam menghadapi era elektrifikasi diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional bagi 1,5 juta SDM yang berada di dalamnya dari sektor hulu hingga hilir.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )