Kapan Suzuki Ertiga Smart Hybrid Rilis di Indonesia?

Tampilan baru Suzuki Ertiga Smart Hybrid di India. (Maruti Suzuki)

JAKARTA, AVOLTA – Suzuki Ertiga Smart Hybrid sudah resmi diluncurkan di India pada Jumat (15/4/2022). Secara tampilan tidak banyak berubah, tapi sektor jantung pacu dan transmisi mengalami ubahan signifikan.

Kini Ertiga facelift untuk pasar domestic India tersedia beberapa pilihan mesin, termasuk Smart Hybrid dan Flexy Engine alias CNG.

“Ertiga dengan fitur berteknologi canggih hadir dengan mesin dan transmisi baru. Sesuai dengan visi merek yakni menghadirkan kenyamanan, teknologi, dan fitur keselamatan,” ungkap Managing Director & CEO Maruti Suzuki India Limited Hisashi Takeuchi, dikutip Rush Lane.

Bukan cuma di India, Suzuki Indonesia juga sedang mempersiapkan teknologi Smart Hybrid untuk pasar otomotif nasional. Edukasi serta pamer teknologi sudah dilakukan di ajang IIMS Hybrid 2022.

Meski belum mau membocorkan teknologi Smart Hybrid akan dipasang di model yang mana, tapi sumber Avolta menyebut untuk tahap awal akan dipasang di Ertiga. Bahkan, peluncurannya juga tidak lama lagi.

Platform terbaru Suzuki Smart Hybrid dipamerkan di IIMS 2022. (AVOLTA)

“Informasinya seperti itu, jadi model yang pertama dipasang teknologi smart hybrid itu Ertiga dulu, setelah itu XL7. Kedua model itu yang punya pasar paling besar,” tutur sumber tersebut kepada Avolta belum lama ini di Jakarta.

Perlu diketahui, Ertiga facelift yang baru diluncurkan di India itu dibekali jantung pacu baru K15C Dualjet, 1.5 liter dengan teknologi Smart Hybrid.

Mesin ini  berbeda dengan mesin sebelumnya K15B, yaitu menggunakan sepasang injeksi per silinder, sehingga diklaim mampu menciptakan pembakaran lebih sempurna. Hemat kata, mesin lebih bertenaga tapi tetap irit.

Suzuki mengklaim Ertiga Smart Hybrid bertenaga 103 Hp pada 6.000 rpm dan torsi 136.8 Nm pada 4.400 rpm. Ada dua varian transmisi yang ditawarkan, manual 5-percepatan dan matik 6-percepatan.

Sekadar mengingatkan, Suzuki pernah menjual Ertiga Diesel Mild Hybrid ke Indonesia, 2017 lalu.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )