Pasok Baterai Tesla, Panasonic Siapkan Pabrik Besar di AS

Pabrik Tesla (Reuters)

OKLAHOMA, AVOLTA – Panasonic Corp tengah mencari lahan di Amerika Serikat untuk membangun pabrik baterai besar kendaraan listrik tipe baru untuk Tesla. Demikian dilaporkan NHK, seperti disitat Reuters, Sabtu (5/3/2022).

Panasonic memang tengah mempertimbangkan untuk membangun pabri, dengan biaya beberapa miliar dolar. Untuk lokasinya sendiri, antara di Oklahoma atau Kansas dekat Texas, di mana Tesla juga tengah mempersiapkan pabrik mobil listrik baru.

NHK sendiri, tidak memberikan batas waktu untuk proyek pembangunan pabrik baterai Panasonic di Negeri Paman Sam tersebut.

Sementara itu, NHK juga tidak menyebutkan sumber informasi terkait rencana Panasonic ini, karena rencana tersebut bukannya sesuatu yang yang diumumkan.

Panasonic memang mengatakan, pihaknya berencana untuk mulai produksi massal baterai jenis baru, yaitu lithium-ion untuk Tesla sebelum akhir Maret 2024. Pembuatan ini, akan dilakukan di dua jalur produksi baru di Wakayama, Jepang.

Baterai format 4680 (lebar 46 milimeter dan tinggi 80 milimeter) sekitar lima kali lebih besar dari yang ada saat ini yang dipasok ke Tesla, yang berarti pembuat mobil asal AS ini akan dapat menurunkan biaya produksi dan meningkatkan jangkauan kendaraan.

Hubungan Panasonic dengan Tesla memang telah terjalin lebih dari satu dekade, ketika perusahaan milik Elon Musk ini menandatangani perjanjian yang menjadikan perusahaan asal Jepang tersebut sebagai pemasok baterai utamanya.

Sejak itu, Tesla telah menggenjot produksi dan mendiversifikasi rantai pasokannya ke perusahaan lain, termasuk produsen Cina dari powerpacks lithium iron phosphate (LFP) yang lebih murah seperti Contemporary Amperex Technology Co (CATL).

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )