Indonesia Jadi Basis Produksi Toyota Innova Hybrid

Kijang Innova juga tetap menjadi andalan ekspor Toyota selain Fortuner. (TMMIN)

JAKARTA, AVOLTA – Toyota akan memulai produksi kendaraan listrik di Indonesia pada tahun ini. Model pertama yang akan dibuat adalah Innova hybrid, yang menjadi salah dari 10 mobil ramah lingkungan yang dijanjikan akan dirakit lokal.

Rencana Toyota untuk produksi mobil hybrid di Indonesia pada 2022, bahkan kembali ditegaskan oleh Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono.

“Tahun ini, Toyota Indonesia juga akan berkontribusi nyata menciptakan ekosistem elektrifikasi dengan memulai produksi kendaraan listrik berteknologi hybrid di pabrik Karawang,” jelas Warih, dalam sebuah acara virtual belum lama ini.

Indonesia akan menjadi basis produksi Innova hybrid di kawasan Asia Tenggara.

Rencana untuk produksi dan menjual mobil hybrid, memang sudah terungkap sejak 2021. Bahkan, beberapa waktu lalu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmitha mengafirmasi terkait produksi kendaraan listrik dari pabrikan asal Jepang tersebut.

“Mereka akan mengawalinya dengan memproduksi Kijang Hybrid,” ucap Agus dalam Peresmian Pencapaian Produksi Ekspor 2 Juta Unit Toyota melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden, beberapa waktu lalu.

Ekspor Toyota diharapkan meningkat 51% (TMMIN)

Sementara itu, Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam menambahkan, mobil hybrid rakitan Toyota di Indonesia ini, akan ditunjukan untuk memenuhi pasar domestik. Namun, tidak menutup kemungkinan, model tersebut juga akan diekspor ke beberapa negara.

“Dengan ini (produksi mobil hybrid), kami berharap bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di dalam negeri, kemudian juga untuk ekspor,” sebut Bob, tanpa mengkonfirmasi model hybrid pertama apa yang akan diproduksi Toyota di Indonesia.

Sebelumnya para pejabat di TMMIN, pernah menyampaikan rencana produksi model hybrid akan berbasis mobil yang sudah dikenal luas oleh konsumen, agar transisi teknologinya bisa berjalan mulus.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )