Uji Jalan Mobil Listrik Baru Wuling Binguo EV

Uji Jalan Mobil Listrik Baru Wuling BinguoEV (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Setelah memperkenalkan mobil listrik terbarunya, Binguo EV, Wuling Motors langsung memberikan kesempatan kepada media nasional untuk merasakan sensasi berkendara menggunakan roda empat ramah lingkungan anyar asal Tiongkok ini.

Meskipun dilakukan di tempat yang terbatas, namun setidaknya sudah ada bayangan, bagaimana rasanya mengemudikan kendaraan yang dirakit lokal di pabrik Wuling, Cikarang, Jawa Barat.

Sebelum mengendarai Wuling Binguo EV, jika mengamati bagian eksteriornya, mobil dengan tenaga baterai ini memiliki tampilan yang unik namun tetap dipadu dengan sentuhan modern. Hal itu, bisa dilihat dari model lampu utama berbentuk oval, namun sudah hadir dengan LED.

Berdasarkan spesifikasi resmi, dimensi Binguo EV memang jauh lebih besar dibanding saudaranya, Air ev. Model baru ini memiliki panjang 3.950 mm, lebar 1.708 mm, dan tinggi 1.580 mm, dengan wheelbase 2.560 mm. Selain itu, berbeda dengan Air ev yang menggunakan roda kecil dengan diameter 12 inci, Binguo EV ini terpasang velg besi dengan dop ukuran 15 inci, yang dibalut ban berprofil 185/60 R15.

Uji Jalan Mobil Listrik Baru Wuling BinguoEV (ist)

Masuk ke dalam kabin, nuansa retro klasik cukup terasa di interiornya. Terlihat nuansa hitam putih cokelat serta tombol pengaturan AC berbentuk bulat. Di bagian dasbor, dilengkapi layar ganda 10.25 inci TFT Dual Screen yang terintegrasi dengan multi-information display dan juga head unit.

Mengatur posisi berkendara tidak cukup sulit, karena jok pengemudi sudah dilengkapi dengan pengaturan elektrik sehingga lebih mudah untuk diatur tentunya. Namun, untuk jok penumpang memang masih pengaturan manual.

Saatnya untuk menguji, seberapa mumpuni Binguo EV saat dikendarai. Tes pertama yang disediakan, adalah speed tes. Pada kesempatan ini, Avolta mencoba untuk merasakan kemampuan performa motor listrik dari mobil ini. Terlebih dahulu, mode sport bisa diaktifkan, dan kemudian bejek pedal gas dan untuk kecepatan 100 Kpj bisa didapat dengan cukup cepat.

Selanjutnya, dilakukan juga tes untuk fitur cruise control, yang terintegrasi di sisi kiri lingkar kemudi. Fitur ini dapat diaktifkan di atas kecepatan 40 Kpj untuk menjaga kecepatan secara konsisten yang memungkinkan perjalanan menjadi lebih santai dan efisien.

Terdapat juga tes zig-zag untuk mengetes kelincahan mobil listrik ini. Oia, Wuling Binguo EV ini, memiliki empat mode berkendara, yaitu i ECO, ECO+, Sport, dan Normal. Setelah itu, kami mencoba fitur Auto Vehicle Holding (AVH) dan Hill Hold Control (HHC). Fitur AVH bermanfaat untuk menahan kendaraan dalam posisi diam setelah berhenti sempurna.

Sementara HHC dapat menahan posisi mobil untuk tidak mundur ke belakang ketika stop and go di jalanan yang menanjak. Tidak sampai di situ saja, Wuling Binguo EV ini juga dibenamkan fitur creeping function, yang membantu mobil secara otomatis memberikan daya untuk bergerak maju saat melepas rem pada jalan tidak rata.

Penasaran dengan fitur tersebut, Avolta juga mencobanya, dengan cara  mengaktifkan tombol ‘A’ (AVH) yang berada di sebelah tombol parkir elektrik (P) di konsol tengah. Saat melewati tanjakan, pedal rem diinjak hingga mobil berhenti. Setelah itu, pedal rem diangkat dan mobil secara otomatis akan melaju dengan sendirinya, dan tanpa harus menekan pedal gas. Setelah menemui jalan datar kembali, fitur ini otomatis akan dinonaktifkan.

Berbicara keunggulan Binguo EV, memang terletak di aspek Premium Driving Experience yang memanjakan pengguna saat berkendara. Pengalaman mewah ini, dimulai dari memasuki ruang kabin, dan pengemudi membuka dan menutup kunci pintu dengan Smart Entry.

Kemudian untuk menyalakan kendaraan, pengguna tidak perlu menggunakan kunci atau tombol, cukup memasang sabuk pengaman, menginjak rem, hingga tulisan ready muncul di layar.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )