Putar Stang Motor ke Kanan Saat Parkir Lebih Aman?

Ilustrasi Stang Motor (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Kebanyakan pemilik sepeda motor saat parkir memposisikan stang mengarah ke kiri. Tapi ada yang bilang, menempatkan ke arah kanan jauh lebih aman karena dipercaya bisa mempersulit maling ketika melakukan aksi pencurian.

Alhasil banyak juga ditemukan pemilik motor yang memutar stang ke arah kanan ketika parkir, apalagi di pinggir jalan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani membenarkan hal tersebut. Tapi menurut dia masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempersulit maling mencuri motor, selain stang diarahkan ke kanan, bisa juga menambah kunci ganda.

“Sebenarnya kenapa diarahkan ke kiri karena saat menggunakan standar samping, agar motor tidak jatuh. Tapi, karena semakin marak pencurian dengan kunci T, maka tidak sedikit juga pemilik motor yang mengunci motornya dengan mengarahkan stang ke kanan,” ungkap Agus Sani belum lama ini di Jakarta.

Ilustrasi Stang Motor (ist)

Meski demikian, tidak sepenuhnya motor itu aman dari aksi pencurian. Langkah itu hanya mengulur waktu atau mempersulit maling saja. Lebih baik ketika parkir di tempat yang rawan maling, sebaiknya menambahkan gembok atau kunci ganda.

“Bisa juga dipasang alarm aftermarket, tetapi motor zaman sekarang juga sudah canggih sehingga ketika ada indikasi dicuri akan memberikan tanda seperti layaknya alarm,” kata dia.

Agus juga menyarankan agar ketika parkir sebaiknya cari tempat yang sekiranya aman. Minimal ada tukang parkir sehingga bisa dijaga, dan juga terdapat kamera pemantau alias CCTV.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )