Jauh dari Laris, Isuzu Belum Jual MU-X 4×2

Isuzu MU-X 4X2 (Isuzu)

JAKARTA, AVOLTA – Isuzu punya jagoan di segmen sport utility vehicle (SUV) medium, yaitu MU-X. Model tersebut yang bersaing dengan para rivalnya seperti Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Tetapi, tahun lalu PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) tidak membawa MU-X varian 4×2 melainkan hanya 4×4 saja. Model itu resmi diluncurkan di pameran otomotif GIIAS pada November 2021.

Kalau mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Isuzu MU-X masih jauh dari kata laris. Sepanjang 2021, SUV ladder frame Isuzu ini cuma terjual 90 unit.

Angka jualan ini ibarat langit dan bumi kalau dibandingkan Fortuner yang terjual 20.968 unit dan Pajero Sport yang laku 15.262 unit. Artinya, Isuzu cuma mencicipi 0,2% pangsa pasar.

Pihak Isuzu menyatakan, MU-X 4×4 terbaru dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang berada di segmen kendaraan komersial. Sebab, banyak digemari oleh perusahaan yang bergerak di bidang tambang, plantation, rental, serta oil dan gas sebagai kendaraan operasional.

Isuzu MU-X 4X4 (Isuzu)

Maka dari itu, Isuzu sampai sekarang belum menghadirkan SUV varian 4×2. Sebab, menurut Rahmat Samulo, CEO Astra Isuzu dalam diskusi virtual, Rabu (2/2/2022), saat ini fokus Isuzu menggarao segmen mobil komersial.

“Tahun lalu kita belum perkenalkan Isuzu mu-X 4×2 karena kita ingin masih fokus pada mobil komersial. Jadi yang kita kenalkan terlebih dulu Isuzu mu-X 4×4 dan Isuzu D-Max single cabin dan double cabin,” kata Rahmat Samulo.

Menurut dia, fokus itulah yang membuat Isuzu untuk sementara tidak membawa Isuzu mu-X varian 4×2. Jadi untuk sementara belum ada mobil penumpang  Isuzu yang akan hadir di Indonesia dalam waktu dekat ini.

“Jadi kita fokus dulu kepada konsumen-konsumen terutama mereka yang menggunakan kendaraan komersial,” ucap Samulo.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )