PLN Pamer Mobil Hidrogen di PEVS 2024, Daya Jelajah 600 Km

JAKARTA, AVOLTA – Perusahaan Listrik Negara (PLN) memamerkan mobil berbahan bakar hidrogen di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Mobil berbasis Hyundai Nexo ini diklaim memiliki daya jelajah hingga 700 kilometer (km) untuk sekali pengisian bahan bakar.

Hyundai Nexo ini didatangkan langsung dari Hyundai di Korea Selatan, karena masih menggunakan setir kiri. Menyoal spesifikasi, di atas kertas memiliki tenaga 160,7 hp dan torsi 400 Nm. Mobil ini menggunakan teknologi sel bahan bakar alias fuel cell. Terdapat tangki yang berfungsi untuk menampung hidrogen. Nexo memiliki 3 tangki dengan kapasitas total 156 liter.

“Untuk pengisiannya bahan bakarnya, dari nol atau dari kosong hanya membutuhkan waktu 5-10 menit saja, dan bisa jalan sampai 600 Km,” tutur  Adnan Hanif Widanta, Operator PLTD Senayan di Jakarta belum lama ini.

Menariknya, untuk harga bahan bakar, yaitu Rp 600 per kilometer. Alhasil, Nexo ini membutuhkan Rp 360.000 untuk menempuh jarak hingga 600 km.

“PLN menjadi pionir penyedia stasiun pengisian untuk hidrogen. Harapannya, pihak lain bisa terdorong. Misalkan, mobil (hidrogen) ini sudah dijual massal, jadi bisa menyediakan juga stasiun pengisian untuk masyarakat,” ujar Adnan.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )