Toyota Eco Youth Dorong Aksi Nyata Generasi Muda Peduli Lingkungan

JAKARTA, AVOLTA – Toyota Eco Youth kembali digelar untuk yang ke-13 kalinya. Acara ini, merupakan sebuah kompetisi proyek dan inovasi perbaikan lingkungan hidup untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat tingkat nasional, yang bertujuan meningkatkan kesadan serta kepedulian generasi muda terkait masalah lingkungan.

Mengangkat tema EcoActivism, Saatnya Beraksi Jaga Bumi, acara ini fokus terhadap upaya generasi muda melakukan dekarbonisasi.

Acara ini diselenggarakan secara hybrid, bertempat di salah satu lokasi budaya dan sejarah yaitu Museum Seni Rupa dan Keramik, Kota Tua Jakarta. Dihadiri secara langsung oleh siswa-siswi SMA dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Karawang dan secara daring oleh 25 sekolah perwakilan dari seluruh wilayah Indonesia.

Toyota Eco Youth mengundang siswa SMA sederajat, dalam kelompok yang terdiri dari 2 siswa dan 1 guru pendamping, untuk berpartisipasi dengan mengajukan proposal proyek dan inovasi perbaikan lingkungan hidup.

Setelah menyelanggarakan aktivitas kick off, selanjutnya program TEY dilanjutkan dengan sosialisasi, seleksi proposal, bimbingan proyek, implementasi proyek dan mentoring, penjurian akhir, dan pengumuman pemenang.

“Harapannya tidak hanya sekedar sebagai usaha menurunkan emisi, namun juga bagaimana menggali dan memanfaatkan kesempatan dalam peluang – peluang baru, yang bertujuan untuk pengembangan ekonomi masyarakat,” jelas Bob Azam Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), dalam keterangan resmi, Selasa (30/4/2024).

Toyota Indonesia berkomitmen melaksanakan Toyota Enviromental Challenge 2050, dengan menurunkan emisi kendaraan yang diproduksi, dan mendukung Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang nyaman bagi semua orang.

“Dengan Multi-Pathway Strategy, Toyota Indonesia menginisiasi IT’S TIME FOR EVERYONE yang mengajak masyarakat untuk berkontribusi melestarikan lingkungan sesuai kemampuannya, seperti memakai kendaraan elektrifikasi Toyota yang semakin lengkap, dan melakukan langkah kecil namun berdampak positif,” tambah Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, di kesempatan yang sama.

Sadar generasi muda punya peran penting terhadap keberlanjutan bumi dan memerlukan wadah untuk hal tersebut, program Toyota Eco Youth diharapkan menjadi media partisipasi aktif semua pihak.

Khususnya, siswa di bangku sekolah menengah yang memiliki kesadartahuan dan kepedulian atas lingkungan di sekitarnya, sehingga menjadi aksi nyata bagi akselerasi target Pemerintah mencapai pengurangan emisi secara optimal pada 2060.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )