Elon Musk Batal ke India karena Recall Cybertruck

Elon Musk – dok.Time Magazine

NEW DELHI, AVOLTA – Elon Musk batal datang ke India, yang seharusnya dijadwalkan Minggu (21/4/2024) selama dua hari. CEO Tesla Inc itu membatalkan perjalanan lantaran Tesla lagi melakukan recall besar-besaran pada Cybertruck yang mengalami masalah pada pedal.

Dalam postingan di X, Musk mengatakan kunjungannya tetap akan berlangsung tahun ini, dan akan membahas soal pembangunan pabrik Tesla di India.

“Sangat disayangkan, kewajiban besar Tesla menyebabkan kunjungan ke India harus ditunda, tapi saya akan menantikan di lain hari tahun ini,” tulis Musk.

Berdasarkan laporan Reuters dan Financial Times, Musk juga dalam waktu dekat akan mengumumkan investasi senilai 2 miliar dollar AS hingga 3 miliar dollar AS di wilayah Asia Selatan, khusnya untuk membangun pabrik Tesla baru.

Selain Cina, Tesla sudah berkomitmen akan menjadikan India sebagai basis ekspor mobil listrik Tesla dan pusat manufaktur global yang akan memenuhi permintaan mobil listrik di dunia.

Mengutip CNBC, NantinyaTesla akan fokus pada beberapa wilayah, seperti Maharashtra, Gujarat, dan Tamil Nadu. Hal ini dikarenakan ketiga wilayah itu menjadi pusat otomotif India.

Adapun nilai investasinya US$ 2-3 miliar atau Rp 31,7-47,6 triliun (kurs Rp 15.889). Pembangunan pabrik ini sebagai salah satu upaya pemerintah India untuk meningkatkan manufaktur dalam negeri.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )