Hyundai-Kia Recall 169.000 EV, Termasuk Ioniq 5 dan EV6

JAKARTA, AVOLTA – Hyundai Motor Co, dan Kia Corp kembali melakukan kampanye perbaikan massal alias recall terhadap sejumlah produk, khususnya kendaraan listrik (EV) yang dijual di pasar domestik Korea Selatan. Kali ini kedua pabrikan itu harus memanggil ribuan unit dari sejumlah model Hyundai dan Kia karena mengalami masalah pada sistem perangkat lunak.

Mengutip laman Yonhap, Sabtu (16/3/2024), Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan, mengatakan program recall itu dilakukan guna memperbaiki kesalahan perangkat lunak pada sistem pengisian daya kendaraan listrik.

Kementerian menyebutkan 12 model kendaraan dengan total 232.000 unit dari Hyundai, Kia, Stellantis Korea, dan Tesla Korea kemungkinan terkena recall karena cacat produksi.

Dari jumlah tersebut, 169.932 unit dari Hyundai dan Kia ditemukan mengalami kesalahan perangkat lunak pada unit kontrol pengisian daya terintegrasi.

Model yang terdampak adalah Hyundai Ioniq 5, Ioniq 6, Genesis GV60, GV70 dan GV80 yang berjumlah 113.916 unit, dan Kia EV6 sebanyak 56.016 unit.

“Kesalahan tersebut dapat mencegah kendaraan tersebut melakukan pengisian daya bertegangan rendah, yang menyebabkan kemungkinan kendaraan berhenti saat mengemudi,” tulis kementerian dalam keterangannya.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )