Esemka Bima EV Bisa Dirakit Lokal, Harga Bakal Lebih Murah

JAKARTA, AVOLTA – PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) resmi meluncurkan Bima EV di ajang IIMS 2023. Mobil listrik tersebut didatangkan langsung alias CBU dari Cina dengan banderol Rp 530 juta untuk versi cargo dan Rp 540 juta tipe penumpang.

Presiden Direktur Solo Esemka Eddy Wirajaya mengakui kalau mobil listrik tersebut merupakan rebadge merek asal Cina, yakni Shineray X30L . Menurut dia, Bima EV ini berpotensi untuk diproduksi lokal di pabrik Esemka.

“Sekarang ini selama IIMS 2023 berlangsung kita sambil melakukan survei ke pasar. Kalau penerimaannya bagus maka akan kita produksi lokal di Indonesia,” ungkap Eddy di lantai pemeran IIMS 2023 belum lama ini.

Eddy melanjutkan, apabila dirakit lokal maka dari sisi harga juga akan jauh lebih murah. Namun, dia tidak bisa memberikan berapa persen estimasi penurunan banderol Bima EV produksi Indonesia nanti.

“Sekarang kita fokus dulu kepada hasil penerimaan dari masyarakat kalau bagus tentunya proses CKD ini akan sangat menguntungkan bagi konsumen karena harganya menjadi lebih murah, bisa di bawah Rp 500 juta,” kata dia.

Perlu diketahui, Esemka memiliki fasilitas perakitan di daerah Boyolali, Jawa Tengah. Pabrik tersebut sudah digunakan memproduksi Bima 1.3 pikap yang lebih dulu dijual di pasaran.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )