ESDM Salurkan Pelatihan Konversi Motor Listrik di Jakarta

Konversi Vespa lawas jadi motor listrik. (Motorplus)

JAKARTA, AVOLTA – Pemerintah terus mendorong transisi penggunaan kendaraan listrik (EV) oleh masyarakat, baik itu mobil ataupun motor. Tidak terkecuali dengan alih fungsi roda dua konvensional (bensin) menjadi tenaga baterai melalui program konversi.

Mendukung hal tersebut, 22 orang warga DKI Jakarta, mengikuti pelatihan teknis konversi sepeda motor listrik di Kampus Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) Kementerian ESDM.

Acara ini sendiri, diselenggarakan di Jakarta, 24 -31 Januari 2023. pelatihan teknis ini merupakan angkatan I yang diselenggarakan hasil kerja sama antara PPSDM KEBTKE dengan Balai Besar Survei dan Pengujian (BBSP) KEBTKE.

“Penggunaan kendaraan pribadi menjadi salah satu penyumbang konsumsi bahan bakar fosil yang meningkatkan emisi dan memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan dan lingkungan,” ujar Kepala PPSDM KEBTKE, Susetyo Edi Prabowo, dalam keterangan resminya, disitat dari laman resmi Kementerian ESDM, Selasa (31/1/2023).

Lanjut Susetyo, dengan kondisi tersebut, dibuatlah kebijakan transisi energi, yakni menggantikan penggunaan sumber energi fosil menjadi sumber energi baru dan terbarukan secara bertahap, dengan target 23% penggunaan energi baru dan terbarukan pada 2025.

Hal itu didorong pula oleh komitmen Indonesia untuk mengurangi emisi hingga 29% pada tahun 2030. Salah satu misi dari capaian transisi energi ini adalah peralihan dari kendaraan berbahan bakar BBM menuju penggunaan kendaraan listrik.

“Sepeda motor menjadi salah satu target dari konversi penggunaan kendaraan listrik, mengingat sepeda motor merupakan andalan mobilitas masyarakat indonesia karena aksesibilitas dan keterjangkauannya. Sepeda motor BBM konvensional dapat dikonversi menjadi sepeda motor listrik, namun dengan tetap mengedepankan performa serta kualitas sehingga layak untuk dipakai sehari hari,” ungkapnya.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )