Persaingan Industri Komponen Global Beralih ke Era EV

McLaren Applied Technologies menciptakan mobil balap konsep F1 MCL Extreme 2050. (McLaren)

JAKARTA, AVOLTA – Pasar kendaraan listrik (EV) di dunia terus mengalami pertumbuhan yang signifikan. Tidak hanya pabrikan mobil atau motor yang bersaing menghadirkan beragam roda empat dan roda dua ramah lingkungan, tapi juga perusahaan komponen yang bersaing untuk merangsek ke industri tersebut.

Salah satunya, adalah McLaren Applied Technologies, perusahaan pemasok suku cadang khusus untuk mobil balap F1 dan olahraga otomotif lainnya. Produsen komponen ini, telah mengembangkan inverter efisien yang dirancang untuk balap mobil listrik F1.

McLaren Applied bekerja dengan sekitar 20 produsen mobil dan pemasok, inverter tersebut akan disematkan dalam model EV mewah bervolume tinggi yang akan meluncur pada Januari 2025.

“Kami telah kembali ke masa Henry Ford di mana setiap orang bertanya ‘bagaimana Anda membuat hal-hal ini bekerja dengan baik?’ Itu peluang besar bagi perusahaan seperti kami,” ujar CEO of F1 engineering and technology firm McLaren Applied, Nick Fry melansir US News, ditulis Selasa (30/1/2023).

Fasilitas pengisian baterai mobil listrik Mercedes-Benz. (Mercedes-Benz)

Selain itu, perusahaan komponen otomotif raksasa asal Jerman, Bosch dan Continental AG juga melakukan investasi besar dalam pengembangan EV dan teknologi lainnya untuk tetap unggul dalam industri otomotif yang trennya cepat berubah.

Sementara itu, pabrikan mobil sport listrik dan juga sistem baterai asal Kroasia, Rimac Automobili juga memasok sistem penyimpan daya dan kompo0nen powertrain kepada para produsen mobil di Eropa.

Bahkan, beberapa produsen mobil asal Bavarian telah dikabarkan akan menggunakan sistem baterai ini, dengan model performa tinggi serta produksi tahunan sekitar 40 ribu unit.

Sedangkan startup asal Amerika Serikat, CelLink juga mengembangkan kabel harness fleksibel yang sepenuhnya otomatis, datar, dan mudah dipasang. Jenama yang bermarkas di California ini, dikabarkan tengan menjalin kerja sama dengan produsen roda empat asal AS dan Eropa, serta produsen baterai asal Benua Biru untuk pemasangan kabel baterai tersebut.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )