Elon Musk Sebut Rival Terkuat Tesla Datang dari Cina

Elon Musk – dok.Time Magazine

JAKARTA, AVOLTA – Tesla Inc masih menjadi produsen mobil listrik terlaris di dunia. Sepanjang tahun 2022 produsen otomotif asal Amerika Serikat (AS) itu berhasil menjual 1,31 juta unit dan menjadikan Tesla berada di urutan pertama.

Urutan kedua, yaitu BYD yang berhasil menjual mobil listrik sepanjang tahun lalu sebanyak 911.410 unit. Pencapaian kedua merek itu pada 2022 mengalami peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Melihat kondisi itu, CEO Tesla Inc Elon Musk pun mengatakan bahwa pesaing ketat Tesla bukan berasal dari AS atau negara lain, melainkan produsen otomotif asal Cina. Demikian dilansir laman CarBuzz, Selasa (31/1/2023).

Menurut Elon Musk, produsen kendaraan listrik asal Cina dinilai bekerja keras dan paling cerdas, sehingga menjadi pesaing utama Tesla. Bahkan bukan untuk tahun lalu, tetapi di masa mendatang pun demikian.

“Jika saya menebak, mungkin beberapa perusahaan dari Cina adalah yang paling mungkin berada di urutan kedua setelah Tesla. Cina begitu agresif menuju elektrifikasi dan pengembangan teknologi,” ungkap Musk.

Bukan hanya itu, Tesla juga sangat bergantung pada Cina karena perusahaan milik Elon Musk itu memiliki pabrik Gigafactory di Shanghai yang tahun lalu berhasil memproduksi 710.000 unit atau sekitar 52% dari produksi global.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )