Toyota Bikin Platform Baru Mobil Listrik yang Lebih Ringkes

Platform e-TNGA (Toyota)

JAKARTA, AVOLTA – Toyota Motor Corporation (TMC) akan berakselerasi dalam teknologi kendaraan elektrifikasi. Salah satu langkah yang dilakukan, yaitu bakal membuat platform baru khusus untuk mobil listrik.

Mengutip laman Hindustantimes, Selasa (31/1/2023) saat ini Toyota hanya memiliki platform e-TNGA yang dipakai pada bZ4X. Akan tetapi, platform ini masih memiliki karakteristik yang sama seperti mobil hybrid hingga berbahan bakar fosil.

Toyota pun menilai bahwa e-TNGA ini lebih rumit, karena permukaannya tidak rata maka banyak komponen terpasang padahal tidak berfungsi dengan baik di mobil listrik. Alhasil biaya produksi lebih besar dan menjadikan banderolnya tidak kompetitif.

Berbagai model andalan Toyota berteknologi PHEV dan BEV pakai platform e-TNGA. (Toyota)

Sasis terbaru yang akan dibikin nanti, informasinya akan memiliki bentuk yang datar seperti skateboard. Desain tersebut diklaim sangat ideal untuk memproduksi massal mobil listrik sekaligus mereduksi biaya produksi.

Hanya saja produsen otomotif asal Jepang ini belum memastikan kapan platform terbarunya ini akan digunakan pada mobil listrik terbarunya. Spekulasi, Toyota akan memperkenalkan pertama kali pada tahun 2027 atau 2028.

Alhasil, untuk tetap berkontribusi dalam hal elektrifikasi kendaraan bermotor Toyota akan fokus memproduksi dan menjual bZ4X.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )