Molor 3 Tahun, Akhirnya Truk Listrik Semi Sentuh Konsumen

Truk listrik Tesla Semi (Reuters)

CALIFORNIA, AVOLTA – Chief Executive Tesla, Elon Musk akhirnya mengumumkan pengiriman truk listriknya, Semi kepada perusahaan minuman, PepsiCo sebagai pelanggan pertama kendaraan heavy-duty asal Amerika Serikat tersebut.

Pengiriman truk listrik Tesla ini , memang sudah molor 3 tahun. Pasalnya, perusahaan Negeri Paman Sam ini semula berjanji akan melakukan pengiriman pada 2019, terhitung 2 tahun setelah truk listrik ini diperkenalkan publik pada 2017.

Dilansir Reuters, Rabu (7/12/2022), Elon Musk tidak memberikan detail informasi terkait harga, rencana produksi ataupun kapasitas angkut dari truk listrik Tesla ini.

Saat seremoni pengerahan unit, Elon Musk muncul di atas panggung di sebuah di pabrik Tesla, Nevada, dan mengatakan truk bertenaga baterai jarak jauh itu akan mengurangi emisi jalan raya, mengungguli model diesel dalam hal daya dan keselamatan, serta menghasilkan teknologi pengisian cepat yang akan digunakan Tesla di pabriknya.

“Jika Anda seorang pengemudi truk, dan Anda menginginkan rig paling keren di jalan, ini dia (truk listrik Tesla Semi),” ujar Musk.

Menurut Electrek, truk di Amerika Serikan hanya 1 % dari total kendaraan yang beredar. Namun, emisi yang dihasilkan mencapai 20 % dari keseluruhan.

Truk listrik Tesla ini, sepertinya tak mendapatkan ubahan besar dibanding model prototipe. Meskipun, kendaraan ini diprediksi bakal menyumbang perubahan industri, karena menawarkan nol emisi, tenaga besar, dan pengurangan biaya operasinal.

Truk listrik Tesla Semi ini, dijelaskan sudah diberi peningkatan performa, sehingga mampu berakselarasi dengan lebih cepat, bahkan saat sedang menngangkut muatan yang maksimum.

Kemudian, kendaraan ini juga memiliki fitur yang tidak biasa, seperti supir duduk di tengah kabin, beda dengan truk biasa yang biasanya berada di sisi sebelah kiri atau kanan.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )