Lexus Berusaha Bikin Mobil Listrik Tetap Seru Dikemudikan

Lexus Kembangkan Transmisi Manual untuk Mobil Listrik (Reuters)

TOKYO, AVOLTA – Merek mewah Toyota, Lexus mengkonfirmasi jika tengah mengembangkan transmisi manual untuk kendaraan listrik masa depan. Teknologi ini dihadirkan untuk memberikan sensasi seru saat mengemudikan mobil konvensional yang luntur pada mobil listrik.

Chief Engineer Lexus Electrified, Takashi Watanabe mengatakan, ide transmisi manual untuk kendaraan listrik berawal dari diskusi antara para insinyur Lexus, tentang apa yang disukai dari kendaraan bermesin pembakaran dalam (ICE).

Meskipun, girbox manual dianggap berlebihan untuk kurva torsi datar dari motor penggerak di mobil listrik, namun Lexus mendukung tim tekniknya tersebut.

“Proyek itu sangat menyenangkan sehingga pengembangannya berlangsung selama tiga tahun. Anehnya, teknologi ini bukan untuk tujuan pertunjukan, namun mungkin akan ada di beberapa mobil listrik masa depan kita,” kata Watanabe, dikutip dari laman Carscoops, Rabu (7/12/2022).

Lexus telah melakukan simulai transmisi manual ini di Lexus UX300e. Dalam pengujian tersebut, transmisi manual mampu memberikan sensasi yang memuaskan kepada pengemudi dalam setiap penggantian gigi transmisi.

Lexus UX300e yang diuji ini, dilengkapi dengan tiga pedal, tombol shift fungsional, dan penghitung putaran yang jelas tidak berkorelasi dengan putaran motor listrik. Seperti di mobil konvensional yang menggunakan transmisi manual, pengemudi harus menginjak kopling setiap kali mengganti persneling.

Memberikan simulasi kendaraan konvensional, Lexus juga membuat suara knalpot yang diputar di speaker sehingga membuat perpindahan gigi lebih intuitif.

 

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )