Toyota Mulai Uji Jalan Prototipe Innova Listrik

Toyota Innova EV sedang uji jalan (instagram Indra Fatan)

JAKARTA, AVOLTA – Toyota Indonesia sepertinya mulai melakukan uji jalan Innova Electric Vehicle (EV). Informasi tersebut terungkap setelah ramai di media sosial, di mana dua unit MPV bertenaga listrik sedang tes jalan.

Secara tampilan, jika dilihat dari foto yang beredar di media sosial identik seperti unit prototipe yang dipamerkan beberapa waktu lalu, tepatnya di ajang IIMS 2022 pada April lalu.

Namun, karena sedang diuji coba di jalanan umum maka terdapat perbedaan, yakni menggunakan pelat nomor dengan lis biru di bagian bawah atau sesuai dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) khusus mobil listrik.

Berdasarkan keterangan yang pernah dirilis Toyota Indonesia, spesifikasi teknis MPV listrik ini dibekali baterry pack lithium ion berkapasitas 59,3 kWh dengan motor listrik yang berdaya 134 kilowatt (kW). Lubang pengisian bensin sudah hilang, kini dipasang dua soket untuk mengecas baterai, satu soket untuk pengecas AC Type 2 dan arus DC bertipe CCS 2.

Toyota Kijang Innova EV Concept Study Car, diciptakan sebagai bahan riset menuju produk elektrifikasi. (TAM)

Selanjutnya, Innova BEV ini diklaim bisa menempuh kecepatan maksimal 120 Km/jam. Torsinya 700 Nm, dan jarak tempuhnya 280 kilometer. Lama pengecasan dengan charger tipe 45A – 3 Phase atau membutuhkan waktu sekitar 4 jam.

Perlu diketahui, proyek Kijang Innova BEV concept study car bertujuan untuk mengeskalasi kemampuan engineer Indonesia serta mengembangkan kapabilitas SDM nasional di bidang elektrifikasi.

Melalui produk ini Toyota Indonesia dapat merealisasikan transfer pengetahuan, inovasi teknologi, dan peningkatan kemampuan SDM industri otomotif kepada seluruh rantai pasok hingga para akademisi.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )